Nusron Wahid Jadi Khatib Salat Id di Daegu Korsel

Jum'at, 17 Juli 2015 - 15:06 WIB
Nusron Wahid Jadi Khatib Salat Id di Daegu Korsel
Nusron Wahid Jadi Khatib Salat Id di Daegu Korsel
A A A
JAKARTA - Sama halnya dengan di Indonesia, Hari Raya Idul Fitri 1436 H di Korea Selatan juga jatuh pada hari ini. Ribuan TKI tampak menggelar Salat Id berjamaah di sebuah taman di kawasan industri Daegu, Korea Selatan.

Lokasi Salat Id yaitu di Idong Horin Gangnaru Gongwon Park, Gwangyoksi, Dalseong-gun, Daegu, Korea Selatan. Berada kira-kira 400 KM sisi timur Kota Seoul. Sehari-harinya taman ini kerap digunakan salah satunya sebagai sarana olahraga warga setempat.

Salat Id dimulai sekitar pukul 09.00 waktu setempat, Jumat (17/7/2015). Bertindak sebagai imam adalah Ustad Ali Mahmudi, sedangkan khatibnya adalah Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid.

"TKI sudah menjadi keluarga besar saya. Jadi saya mudiknya ya ke tempat TKI, harus suka dan duka bersama mereka," ujar Nusron.

Salat digelar beralaskan karpet terpal yang disambung-sambung. TKI dari berbagai penjuru Daegu sudah mulai berdatangan bahkan sebelum pukul 07.00 pagi. Bertindak sebagai panitia Salat ID yaitu Forum Komunikasi Masyarakat Indonesia Daegu.

Hadir pula dalam pelaksanaan Salat Id di Daegu yaitu Wakil Duta Besar Indonesia untuk Korea Cecep Herawan dan Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah BNP2TKI Hariyadi Agah.

Dalam khotbahnya, Nusron mengatakan jangan sampai setelah meninggalkan bulan Ramadan kita kembali terjerembab kepada hal-hal batil.

"Jangan sampai kita masuk bulan Syawal kita kembali terjerembab. Marilah kita bersama-sama mengendalikan hawa nafsu sendiri agar tidak melakukan hal terlarang dan merugikan orang lain," terang Nusron.

Nusron juga meminta sesama TKI muslim untuk saling menghargai dan mencintai. "Apalagi sama-sama jauh dari Tanah Air dan jauh dari keluarga," tukasnya.

Untuk itu, Nusron mengajak jamaah Salat Id yang ribuan diantaranya TKI untuk saling mencintai, menjaga dan mengingatkan antar sesama. "Saling melengkapi dan memberi jika ada kekurangan," ungkap Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor ini.

Selain di tempat tersebut, Salat Id juga digelar di simpul-simpul komunitas TKI di seluruh Korea Selatan. Sementara itu, Nusron Wahid seusai Salat Id melanjutkan halal bihalal dan dialog dengan TKI, ramah tamah dan curhat berbagai masalah. Terutama mengenai jaminan pekerjaan bagi yang overstayer agar ada jaminan pekerjaan kalau pulang ke Indonesia.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7033 seconds (0.1#10.140)
pixels