Tarekat Syattariyah Salat Id Pagi Ini

Sabtu, 18 Juli 2015 - 05:09 WIB
Tarekat Syattariyah Salat Id Pagi Ini
Tarekat Syattariyah Salat Id Pagi Ini
A A A
PADANG - Pengikut Tarekat Syattariyah di Sumatera Barat sudah memastikan pagi ini, Sabtu 19 Juli, merayakan Idul Fitri 1436 Hijriah. Tadi malam ribuan jamaah ini melakukan takbiran.

“Tadi (kemarin sore) bersama ulama di Sumatera Barat telah melihat bulan yang terbit di ufuk barat, saat matahari tenggelam. Bulan itu tampak seperti bulan sabit, itu bertanda besok kami sudah melakukan Salat Id,” kata ulama Tarekat Syattariyah Ali Imran Tuangku Bagindo Qadhi, Jumat 17 Juli kemarin.

Dengan nampaknya bulan pada pukul 18.20 WIB tadi, bertanda berakhirnya bulan Ramadan bagi umat Islam pengikut Tarekat Syattariyah.

Tarekat Syattariyah yang dipelopori oleh Syeik Burhanuddin itu telah turun temurun menentukan puasa dan Idul Fitri dengan cara maniliak (melihat) bulan. “Kami melakukan ini sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW. Di Ulakan merupakan pusat Syattariyah kemudian menyebar di kabupaten lainnya,” ungkapnya.

Di Sumatera Barat terdapat tiga hari perbedaan Idul Fitri. Salat Id pertama kali digelar pengikut Naqsabandiyah, mereka sudah merayakan Idul Fitri pada hari Kamis 16 Juli 2015.

Kemudian disusul umat Islam umumnya yang mengikuti ketetapan pemerintah pada Jumat 17 Juli 2015. Terakhir, pengikut Syattariyah ini pada Sabtu 18 Juli 2015.

PILIHAN:

Menteri Agama Tetapkan 1 Syawal Jatuh pada 17 Juli

Tarekat Naqsabandiyah Idul Fitri Hari Ini

(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5816 seconds (0.1#10.140)