5 Aturan Buka Puasa yang Sehat

Selasa, 30 Mei 2017 - 15:52 WIB
5 Aturan Buka Puasa yang Sehat
5 Aturan Buka Puasa yang Sehat
A A A
JAKARTA - Tidak sedikit orang yang berbuka puasa melahap semua makanan yang ada di depan mata hingga perut kekenyangan. Jika itu terjadi pada Anda, waspadalah!

Agar tetap sehat, pastikan Anda tidak mengonsumsi beragam makanan dengan porsi yang berlebihan saat berbuka puasa. Lalu seperti apa berbuka puasa yang baik untuk kesehatan? Berikut ulasannya menurut ahli nutrisi Desy Nur Arista.

1. Konsumsi air putih
Ahli nutrisi Desy Nur Arista mengatakan berbuka puasa akan lebih baik didahuli dengan minum air putih. "Pertama batalkan puasa terlebih dahulu dengan minum satu gelas air putih," tegas Desy.

2. Konsumsi makanan manis
"Konsumsi makanan manis harus dalam porsi yang cukup, seperti kurma. Ini karena kurma punya serat yang tinggi dan gula alami yang bisa mengembalikan energi. Jangan langsung makan besar karena perut bisa kaget setelah kosong beberapa jam," jelasnya.

3. Salat
Seusai menikmati hidangan secukupnya, lakukan salat maghrib. Ini juga dilakukan agar perut bisa beradaptasi dengan makanan yang masuk. "Setelah buka puasa, bisa langsung salat maghrib," ujar dia.

4. Makanan bergizi dan seimbang dan cairan yang sehat
"Selanjutnya bisa makan besar, tapi perhatikan makanan harus bergizi dan seimbang, seperti sayur, buah, protein, ikan, daging, ayam, tahu, tempe, dan perbanyak asupan serat. Jangan lupa kebutan cairan terpenuhi dengan minum air sebanyak empat gelas," beber Desy.

5. Istirahat
"Untuk istirahat, sebaiknya dua sampai tiga jam setelah berbuka karena perut masih perlu waktu untuk bekerja," pungkasnya.
(tdy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3567 seconds (0.1#10.140)