Reni si Anak Petani Sayur Hadiahkan Hafalan Alquran untuk Orang Tua

loading...
Reni si Anak Petani Sayur Hadiahkan Hafalan Alquran untuk Orang Tua
Reni si Anak Petani Sayur Hadiahkan Hafalan Alquran untuk Orang Tua
Reni berjalan gontai. Langkahnya berkejaran dengan desir angin yang berembus dari pucuk Bawakaraeng, gunung tertinggi di Sulawesi, tepat di belakang rumahnya. Tinggal di lereng gunung memaksa Reni sering berbaju tebal. Maklum, dingin dan kabut yang menusuk-nusuk membuat Reni dan teman-teman di Rumah Tahfidz Lembanna harus siap siaga.

Usai sekolah, Reni biasa pergi ke masjid kampung. Biasanya, teman-temannya sudah menunggu di tepi jalan untuk berangkat bersama. Setahun sudah, masjid kampung di Dusun Lembanna menjadi pusat aktivitas rumah tahfizh. Anak-anak, remaja, ibu-ibu dan bapak-bapak tak ketinggalan menimba ilmu di majelis-majelis kajian yang diasuh Ustaz Ilham dan Ustaz Aryo.

Tak harus di masjid, Reni dan teman lain biasa murajaah di ruang terbuka. Bisa di hutan pinus, di sudut sawah, atau di samping air terjun. Hari ini, Reni ingin menyelesaikan setoran surat Al Mulk. Surat pertama di Juz 29.Alhamdulillah, juz 30 telah selesai dihafal dan diwisuda pekan lalu. Bersama 20 teman lain, Reni bergantian menyetor hafalan kepada Ustaz Ilham. Riuh rendah suara anak-anak memurajaah hafalan, menjadi pemandangan sehari-hari Masjid Lembanna.

Awalnya, Reni tidak pernah menyangka, lahir dari keluarga petani sayur bisa menghafal Qur’an. Dahulu, membaca saja masih terbata-bata. Kondisi ini lumrah terjadi pada anak-anak. Mengaji sebisanya, tidak tahu mana yang benar. Berkat kesabaran Ustaz Ilham dalam mengajar, pelan-pelan anak Lembanna mampu melantunkan Qur’an dengan benar.



Reni bertekad menyelesaikan hafalan 30 Juz. Hafidz Qur’an ia ingin hadiahkan untuk kedua orang tuanya. Reni sadar, orang tuanya masih jauh fasih membaca Qur’an. Memang, sebelum program Kampung Qur’an hadir di Lembanna, sulit rasanya belajar Alquran dengan ustaz dan ustazah. Mungkin, para pemilik ilmu agama masih terlalu nyaman hidup di kota-kota besar.

Melalui program Kampung Qur’an,PPPA Daarul Qur’an berkhidmat membina masyarakat untuk belajar agama dan mencetak generasi penghafal Qur’an. Di Lembanna, setahun sudah PPPA Daarul Qur’an hadir mengaktivasi kegiatan-kegiatan keagamaan warga, kajian keislaman, juga tentunya, memacu anak-anak untuk menghafal Alquran.

Sumber: pppa.or.id
(aww)
cover top ayah
وَمَنۡ يَّقۡتُلۡ مُؤۡمِنًا مُّتَعَمِّدًا فَجَزَآؤُهٗ جَهَـنَّمُ خَالِدًا فِيۡهَا وَغَضِبَ اللّٰهُ عَلَيۡهِ وَلَعَنَهٗ وَاَعَدَّ لَهٗ عَذَابًا عَظِيۡمًا
Dan barangsiapa membunuh seorang yang beriman dengan sengaja, maka balasannya ialah neraka Jahanam, dia kekal di dalamnya. Allah murka kepadanya, dan melaknatnya serta menyediakan azab yang besar baginya.

(QS. An-Nisa:93)
cover bottom ayah
preload video