Apa Hukumnya Menggerak-gerakkan Jari Telunjuk Saat Tahiyat?

loading...
Apa Hukumnya Menggerak-gerakkan Jari Telunjuk Saat Tahiyat?
Apa Hukumnya Menggerak-gerakkan Jari Telunjuk Saat Tahiyat?
Apa hukumnya menggerak-gerakkan jari telunjuk ketika tahiyat? Berikut penjelasan Habib Munzir bin Fuad Al-Musawa (1973-2013), pimpinan Majelis Rasulullah.

Pertanyaan:
Apakah Hukumnya Menggerak-gerakkan Jari Telunjuk ketika Tahiyat?

Jawaban:
Mengenai masalah ini tidak ada kewajiban berbuat demikian. Hal itu sunnah, bila tak dilakukan maka tak membatalkan salat. Menunjukkan jari telunjuk saat tahiyyat merupakan sunnah Rasululah SAW, demikian diriwayatkan dalam shahih Muslim.

Para Imam Mazhab punya pendapat masing-masing mengenai caranya, sebagai berikut:
1. Menurut Imam Malik, jari telunjuk digerakkan ke kiri dan ke kanan.
2. Menurut Imam Syafii jari telunjuk menunjuk saat ucapan illallah, dan tidak menggerak-gerakkannya.
3. Menurut Imam Hanafi mengangkat jari telunjuk saat ucapan laa ilaaha, lalu menjatuhkannya sejajar lurus saat ucapan illallah.
4. Menurut Imam Hanbali bahwa telunjuk menunjuk setiap mengucapkan lafadz Allah. (Syarh Ibanatul Ahkam hal 435/436).

Kedua riwayat, yaitu menggerak-gerakkan jari telunjuk dan tak menggerak-gerakkannya merupakan kabar yang shahih menurut Imam Baihaqi. Namun tidak menggerak-gerakkannya merupakan hal yang lebih mantap untuk kekhusyukan. (Syarh Imam Al Baijuri Ahkam shalat hal 255). Kesimpulannya, menggerakkan jari tidak membatalkan salat. Demikian pendapat empat mazhab.

(rhs)
cover top ayah
لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنۡۢ بَيۡنِ يَدَيۡهِ وَمِنۡ خَلۡفِهٖ يَحۡفَظُوۡنَهٗ مِنۡ اَمۡرِ اللّٰهِ‌ؕ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوۡمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوۡا مَا بِاَنۡفُسِهِمۡ‌ؕ وَاِذَاۤ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوۡمٍ سُوۡۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ‌ۚ وَمَا لَهُمۡ مِّنۡ دُوۡنِهٖ مِنۡ وَّالٍ
Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

(QS. Ar-Ra’d:11)
cover bottom ayah
preload video