Jumat Pertama Ramadhan, Perbanyak Amalan Ini Agar Dijauhkan dari Neraka

loading...
Jumat Pertama Ramadhan, Perbanyak Amalan Ini Agar Dijauhkan dari Neraka
Anjuran memperbanyak sholawat dan baca Al-Quran pada hari Jumat bulan Ramadhan. Foto/Ist
Hari ini kita telah memasuki hari keempat puasa Tahun 1442 Hijriyah bertepatan dengan Jumat pertama bulan Ramadhan (16/4/2021). Amalan apa yang dianjurkan pada hari ini?

Sebagaimana diketahui Jumat adalah penghulu hari (Sayyidul Ayyam) dan Ramadhan adalah penghulu dari semua bulan. Maka setiap amal yang dikerjakan pada hari ini akan dilipatgandakan oleh Allah Ta'ala.

Baca Juga: Tips Agar Khatam Qur'an 3 Kali Selama Ramadhan

Ramadhan disebut sebagai bulan ampunan, bulan rahmat, bulan maghfirah, bulan beribadah, bulannya Al-Qur'an. Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah bersabda: "Sholat yang lima waktu, dari Jumat ke Jumat, dari Ramadhan ke Ramadhan, merupakan penghapus dosa di antara mereka, jika dia menjauhi dosa-dosa besar." (HR. Muslim No 233)

Di antara amalan yang sangat dianjurkan pada hari ini yaitu:



1. Memperbanyak Sholawat
Sholawat merupakan amalan yang dapat mengantarkan seseorang masuk surga bersama Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم dan menjauhkannya dari api nereka. Semua ulama sepakat bahwa sholawat yang dibaca pada hari Jumat akan ditampakkan kepada Nabi Muhammad.

Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Barangsiapa bersholawat kepadaku satu kali, maka Allah akan bersholawat kepadanya sepuluh kali, dihapuskan darinya sepuluh kesalahan, dan ia diangkat sepuluh derajat untuknya." (HR. An-Nasa'i, Ahmad dan Al Hakim)

Rasulullah juga bersabda: "Orang yang paling dekat denganku pada hari Kiamat adalah yang paling banyak bersholawat kepadaku." (HR At-Tirmidzi)

Karena itu, hendaknya kita memperbanyak sholawat kepada Rasulullah dan mengikuti sunnah beliau agar kita diridhai oleh Allah Ta'ala dan mendapat syafa'at Rasulullah. Hari Jumat merupakan hari terbaik untuk memperbanyak sholawat.

2. Memperbanyak Doa dan Zikir Berikut
Di bulan Ramadhan hendaknya umat Islam memperbanyak zikir dan doa yang biasa diamalkan para lama dan kum sholihin. Doa ini sangat agung karena dapat menyebabkan kita masuk surga dan menjauhkan kita dari api nereka dengan izin Allah.

Zikir ini dapat dibaca ketika menjelang berbuka, menjelang sahur, setelah sholat atau waktu-waktu utama seperti hari Jumat.

أَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلَهَ إِلاَّ اللّه، أَسْتَغْفِر ُ اللّه، أَسْأَلُك رِضَاك وَالْجَنَّةَ وَأَعُوذُ بِك مِنْ سَخَطِك وَالنَّارِ

ASYHADU ALLA ILAHA ILLALLAH, ASTAGFIRULLAH, AS'ALUKA RIDHOKA WAL JANNAH, WA A'UDZUBIKA MIN SAKHATHIKA WANNAAR.

"Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah. Aku memohon ampunan Allah. Tuhanku, aku memohon ridha dan surga-Mu. Aku juga berlindung kepada (rahmat)-Mu dari murka dan neraka-Mu."

اَلَّلهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

ALLAHUMMA INNAKA 'AFUWWUN TUHIBBUL 'AFWA FA'FU ANNI.

"Tuhanku, sungguh Engkau Maha pengampun lagi pemurah. Engkau menyukai ampunan, oleh karenanya ampunilah aku."

3. Bersedekah
Keistimewaan hari Jumat bagi umat muslim sangat luar biasa. Apalagi hari ini merupakan Jumat pertama di bulan Ramadhan. Adapun amalan mulia yang dapat menjauhkan seseorang dari neraka adalah bersedekah.

Imam Abdurrazaq dalam kitab Al-Mushannaf meriwayatkan: "Dan tidak ada matahari yang terbit dan terbenam pada suatu hari yang lebih utama dibanding hari Jumat. Bersedekah pada hari Jumat lebih besar pahalanya daripada semua hari lainnya."

Imam Ibnul Qayyim al-Jauziyah pernah berkata tentang keutamaan sedekah hari Jumat. Beliau berkata: "Keutamaan sedekah di hari Jumat dibanding semua hari dalam sepekan seperti keutamaan sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan lainnya."

Demikian amalan yang dianjurkan di hari ini bertepatan Jumat perdana Ramadhan. Selain ketiga amalan di atas, kaum muslimin juga dapat menghidupkan Ramadhan dengan memperbanyak tilawah Al-Qur'an.

Baca Juga: 9 Perkara yang Bisa Membuat Puasa Ramadhan Sia-sia
(rhs)
cover top ayah
وَمَا خَلَقۡتُ الۡجِنَّ وَالۡاِنۡسَ اِلَّا لِيَعۡبُدُوۡنِ
Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.

(QS. Az-Zariyat:56)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!