20 Kalam Indah Habib Umar Bin Hafidz

loading...
20 Kalam Indah Habib Umar Bin Hafidz
20 Kalam Indah Habib Umar Bin Hafidz
Habib Umar bin Hafidz adalah seorang ulama besar kelahiran Hadhramaut Yaman yang aktif berdakwah ke berbagai negara termasuk Indonesia. Tak heran jika sosok Habib Umar dan Pesantren Darul Musthafa (Dar-al Musthafa) yang didirikannya di Tarim kini menjadi tempat menimba ilmu bagi para asatidz dan umat Islam khususnya bermadzhab Syafii.

Dari pesantren itu pulalah ajaran para salafusshalih diserukan dan dihidupkan hingga menyebar ke seluruh penjuru dunia. Habib Umar dikenal ahli dalam bahasa, syairnya bukan hanya Maulid Dhiya'ullami', namun lebih dari seribu alinea syair telah diterbitkan dari ucapannya dengan jumlah yang mencapai ratusan ribu bait.

Beliau digelari Al-Musnid, karena setiap menyebut hadits, mampu ataupun hafal menyebut sanadnya hingga ke Nabi Muhammad SAW.

Berikut kalam indah Habib Umar bin Hafidz yang pernah dipublikasikan salah satu muridnya Habib Quraisy Baharun (pendiri Pondok Pesantren As-Shidqu Cirebon):



1. Sebagaimana engkau membersihkan wajahmu agar indah dipandang orang, maka bersihkan pula hatimu agar indah dipandang Allah.

2. Semua persahabatan yang terbina di muka bumi ini akan menjadi permusuhan di hari akhirat kecuali persahabatan yang dibina dengan ketakwaan.

3. Syukuri apa yang kau miliki. Jangan iri dengan apa yang orang lain miliki, maka Allah SWT akan memberimu apa yang belum kau miliki.



4. Ada manusia yang amalnya seperti gunung di dunia namun di akhirat umpama debu yang berterbangan.
halaman ke-1 dari 3
cover top ayah
وَذَرُوۡا ظَاهِرَ الۡاِثۡمِ وَبَاطِنَهٗ‌ؕ اِنَّ الَّذِيۡنَ یَکْسِبُوۡنَ الۡاِثۡمَ سَيُجۡزَوۡنَ بِمَا كَانُوۡا يَقۡتَرِفُوۡنَ
Dan tinggalkanlah dosa yang terlihat ataupun yang tersembunyi. Sungguh, orang-orang yang mengerjakan (perbuatan) dosa kelak akan diberi balasan sesuai dengan apa yang mereka kerjakan.

(QS. Al-An’am:120)
cover bottom ayah
preload video