3 Nasihat Berharga Habib Alwi Bin Syekh

loading...
3 Nasihat Berharga Habib Alwi Bin Syekh
Ustaz Hamdan Nasution (kiri) ketika mendampingi Habib Alwi bin Syekh bin Syeikh Abu Bakar (tengah) dalam satu kajian. Foto/Ist
Ustaz Hamdan Nasution Attantisy
Dai Ahli Fiqih,
Pengajar di Ponpes Al-Yusufiyah Tapanuli Selatan

Nasihat Habib Alwi bin Syekh bin Syeikh Abu Bakar ini patut kita jadikan pelajaran berharga bahwa segala kebaikan sekecil apapun tidak boleh kita remehkan.

Ada tiga hal yang disampaikan Habib Alwi bin Syekh bin Syeikh Abu Bakar yang beliau kutip dari Kalam Sayyid Ali Zainal Abidin radhiyallahu 'anhu. Berikut nasihatnya:

1. Allah Menyimpan Keridhoan-Nya di Dalam Kebaikan
Maka jangan pernah menyepelekan kebaikan sekecil apapun, karena bisa saja ridho Allah datang sebab kebaikan yang dianggap sepele. Sambil beliau menceritakan kisah Hujjatul Islam Imam Al-Ghozali yang membiarkan seekor lalat meminum tintanya saat menulis kitab. Sebab kasih sayangnya kepada lalat itu Allah meridhoi beliau.

2. Allah Menyimpan Murka-Nya dalam Keburukan
Maka jangan pernah meremehkan keburukan sekecil apapun, karena bisa saja kemurkaan Allah itu datang dari dosa yang kecil yang kita anggap sepele.

3. Allah Menyimpan Kewalian pada Hamba-hamba-Nya
Maka jangan pernah menganggap remeh kepada hamba Allah meskipun di mata manusia ia tampak tak berharga, tetapi bisa jadi di sisi Allah dia adalah orang mulia. Sambil beliau mengisahkan Uwais Al-Qorni, yang tidak dikenal manusia dunia, namun namanya disebut-sebut Malaikat.

Habib Alwi bin Syekh bin Syeikh Abu Bakar menyebutkan, ciri-ciri wali Allah yang sangat mendasar adalah bukan ibadah sholat sunnah dan puasa yang banyak, tetapi tiga hal berikut:
1. Selamatnya hati dari penyakit hati, seperti riya' , sombong, ujub, iri, ingin dipuji dan lainnya
2. Sikap dermawan yang senantiasa membantu orang lain
3. Memiliki kasih sayang kepada sesama muslim.

Baca Juga: Ciri-ciri Orang Baik, Salah Satunya Senang Mengucapkan 3 Kata Ini
(rhs)
preload video