alexametrics

4 Keutamaan Orang yang Suka Tilawah Alqur'an

loading...
4 Keutamaan Orang yang Suka Tilawah Alquran
4 Keutamaan Orang yang Suka Tilawah Alqur'an
Tilawah memiliki tiga arti yaitu membaca, memahami dan mengamalkan. Jika seseorang sudah lancar dalam makhrajul huruf, maka ia akan naik tingkat menjadi tilawah Alqur'an.

Ustaz Adi Hidayat menjelaskan ada empat keutamaan bagi mereka yang bisa dan suka tilawah Qur'an. Dai yang juga Direktur Quantum Akhyar Institute ini mengatakan, wahyu pertama Iqra' artinya bukan paham, tetapi hanya sekadar baca. "Turun kalimat Iqra' agar dibimbing oleh Malaikat," kata Ustaz Adi dalam kajian 'Satu Hari Bersama Alqur'an di Jakarta Islamic Center, Koja, Jakarta Utara.

Mengenai tilawah ini, Ustaz Adi menyampaikan firman Allah Ta'ala:
لَا تُحَرِّكۡ بِهٖ لِسَانَكَ لِتَعۡجَلَ بِهٖؕ‏ (16) اِنَّ عَلَيۡنَا جَمۡعَهٗ وَقُرۡاٰنَهٗۚ (17) فَاِذَا قَرَاۡنٰهُ فَاتَّبِعۡ قُرۡاٰنَهٗ‌ۚ (18)

"Jangan engkau (Muhammad) gerakkan lidahmu (untuk membaca Qur'an) karena hendak cepat-cepat (menguasai)nya. Sesungguhnya Kami yang akan mengumpulkannya (di dadamu) dan membacakannya. Apabila Kami telah selesai membacakannya, maka ikutilah bacaannya itu." (QS. Al-Qiyamah: 16-18)



Setelah lancar membaca dan menjaga sifat huruf, Allah Ta'ala berfirman: "Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al-Kitab (Alqur'an) dan dirikanlah salat. Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (salat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Ankabut: 45)

Dari Utsman bin Affan radhiyallahu 'anhu (RA), Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) bersabda: "Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Alqur'an dan mengajarkannya." (HR. Al-Bukhari)

Beruntunglah seseorang yang bisa tilawah, karena ia telah naik tingkat dari level Qira'ah menjadi tilawah. "Apa makna surah Al-Baqarah? Apa makna surah Ad-Dhuha. Diskusikan dan minta pendapat ulama," kata Ustaz Adi.

4 Keutamaan Orang yang Tilawah Qur'an:
1. Sepanjang dia tilawah Alqur'an, maka rahmat Allah Ta'ala akan meliputi dirinya di atas kepalanya sampai selesai tilawah.
2. Malaikat hadir.
3. Ditanamkan ketenangan.
4. Disanjung oleh Allah Ta'ala di hadapan seluruh makhluk sampai tilawahnya selesai.
(rhs)
cover top ayah
اَفَلَا يَتَدَبَّرُوۡنَ الۡقُرۡاٰنَ اَمۡ عَلٰى قُلُوۡبٍ اَ قۡفَالُهَا
Tidakkah mereka menghayati Al-Qur'an ataukah hati mereka sudah terkunci?

(QS. Muhammad:24)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak