alexametrics

Wabah Covid-19 Meluas, Ini Pesan Habib Alwi Al-Habsyi

loading...
Wabah Covid-19 yang mengguncang penduduk dunia kian memprihatinkan. Di Indonesia kasus positif Covid-19 mencapai 1.046 kasus dengan jumlah kematian 87 orang (data Jumat sore 27 Maret 2020).

Menyikapi musibah ini, Habib Alwi bin Abdurrahman Al-Habsyi (Pengasuh Ponpes Exclusive Nurul Muhtadin Baalawy Srengseng Jakarta Barat) mengajak umat Islam untuk muhasabah diri dan kembali kepada Allah Ta'ala. Di samping ikhtiar mengikuti seruan pemerintah, umat Islam diimbau terus berdoa semoga Allah berkenan mengangkat musibah ini.

Habib Alwi menukil sebuah nasihat dari sahabat Umar bin Khattab radhiallahu 'anhu (RA) yang dipostingnya melalui akun Instagram @habibalwialhabsyi berjudul Muhasabah Diri.



عَنْ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ ، أَنَّهُ قَالَ فِي خُطْبَتِهِ(حَاسِبُوا أَنْفُسَكُمْ قَبْلَ أَنْ تُحَاسَبُوا وَزِنُوا أَنْفُسَكُمْ قَبْل أَنْ تُوزَنُوا ، وَتَزَيَّنُوا لِلْعَرْضِ الأَكْبَرِ ، يَوْمَ تُعْرَضُونَ لاَ تَخْفَى مِنْكُمْ خَافِيَة)

Umar bin Khattab radhiallahu 'anhu berkata di dalam khutbahnya: "Hisablah diri kalian sebelum kalian dihisab (di hari kiamat). Dan timbanglah diri kalian sebelum kalian ditimbang (di hari kiamat). Maka sesungguhnya hisab itu akan ringan bagi kalian jika kalian menghisabnya hari ini (di dunia). Begitu juga dengan hari 'Aradl (penampakan amal) yang agung), hari tiada sesuatupun dari keadaanmu yang tersembunyi (bagi Allah)".

"Ya Allah angkatlah wabah yang terjadi di negeri dan bangsa saat ini. Ampunilah segala dosa-dosa kami," tulis Habib Alwi yang pernah menimba ilmu di Tarim Hadramaut, Yaman.
(rhs)
KOMENTAR
loading gif
cover top ayah
يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

(QS. Al-Hajj:5)
cover bottom ayah
preload video