Wabah Covid-19 Meluas, Ini Pesan Habib Alwi Al-Habsyi

Jum'at, 27 Maret 2020 - 22:38 WIB
Wabah Covid-19 Meluas, Ini Pesan Habib Alwi Al-Habsyi
Wabah Covid-19 Meluas, Ini Pesan Habib Alwi Al-Habsyi
A A A
Wabah Covid-19 yang mengguncang penduduk dunia kian memprihatinkan. Di Indonesia kasus positif Covid-19 mencapai 1.046 kasus dengan jumlah kematian 87 orang (data Jumat sore 27 Maret 2020).

Menyikapi musibah ini, Habib Alwi bin Abdurrahman Al-Habsyi (Pengasuh Ponpes Exclusive Nurul Muhtadin Baalawy Srengseng Jakarta Barat) mengajak umat Islam untuk muhasabah diri dan kembali kepada Allah Ta'ala. Di samping ikhtiar mengikuti seruan pemerintah, umat Islam diimbau terus berdoa semoga Allah berkenan mengangkat musibah ini.

Habib Alwi menukil sebuah nasihat dari sahabat Umar bin Khattab radhiallahu 'anhu (RA) yang dipostingnya melalui akun Instagram @habibalwialhabsyi berjudul Muhasabah Diri.

عَنْ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ ، أَنَّهُ قَالَ فِي خُطْبَتِهِ(حَاسِبُوا أَنْفُسَكُمْ قَبْلَ أَنْ تُحَاسَبُوا وَزِنُوا أَنْفُسَكُمْ قَبْل أَنْ تُوزَنُوا ، وَتَزَيَّنُوا لِلْعَرْضِ الأَكْبَرِ ، يَوْمَ تُعْرَضُونَ لاَ تَخْفَى مِنْكُمْ خَافِيَة)

Umar bin Khattab radhiallahu 'anhu berkata di dalam khutbahnya: "Hisablah diri kalian sebelum kalian dihisab (di hari kiamat). Dan timbanglah diri kalian sebelum kalian ditimbang (di hari kiamat). Maka sesungguhnya hisab itu akan ringan bagi kalian jika kalian menghisabnya hari ini (di dunia). Begitu juga dengan hari 'Aradl (penampakan amal) yang agung), hari tiada sesuatupun dari keadaanmu yang tersembunyi (bagi Allah)".

"Ya Allah angkatlah wabah yang terjadi di negeri dan bangsa saat ini. Ampunilah segala dosa-dosa kami," tulis Habib Alwi yang pernah menimba ilmu di Tarim Hadramaut, Yaman.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3341 seconds (0.1#10.140)