Ngabuburit sambil belajar di Observatorium Bosscha

loading...
Ngabuburit sambil belajar di Observatorium Bosscha
Ngabuburit sambil belajar di Observatorium Bosscha
Sindonews.com - Jalan-jalan sore atau sering disebut ngabuburit bisa dilakukan di mana atau ke mana saja. Di Lembang, Bandung, jika ngabuburit lebih ingin menambah wawasan, bisa datang ke observasi Bosscha.

Di observatorium peninggalan Belanda ini, pengunjung selain bisa menunggu magrib saat berbuka puasa juga bisa mengenal berbagai peralatan observasi dan benda langit. Caranya, pengunjung yang ingin ngabuburit di Bosscha bisa kontak dulu ke 022-278201.

"Pada event tertentu di bulan Ramadan, pengunjung bisa request ke Bosscha," kata peneliti Bosscha, Hakim Lutfi Malasan, Selasa (24/7/2012).

Menurutnya, pada prinsipnya Bosscha memang tidak buka untuk kunjungan selama Ramadan. Tapi bila ada permintaan, biasanya akan dipertimbangkan.

"Tetapi kalau berdasarkan permintaan pengunjung kita bisa pertimbangkan. Biasanya banyak madrasah atau pesantren yang request ke kita," tuturnya.

Pengunjung perlu melakukan request karena petugas pemandu Bosscha sangat sedikit. Dan Ramadan, biasanya mereka libur. Selain itu, pemandu Bosscha umumnya mahasiswa.



"Kita enggak ada petugasnya, rata-rata mahasiswa," kata mantan Kepala Observatorium Bosscha ini.

Untuk menyiasatinya, maka Bosscha menugaskan mahasiswa non muslim untuk memandu kunjungan. Dalam sekali kunjungan, biasanya dipandu dua atau tiga orang pemandu yang bertugas mengajak pengunjung berkeliling Bosscha, melihat-lihat teropong dan lainnya. "Untuk itu perlu request dulu," tandasnya.

Namun, Bosscha tidak bisa menerima kunjungan yang hanya sekedar ngabuburit. Permintaan kunjungan akan diterima jika terkait kepentingan observasi atau pelajaran. "Bosscha juga akan membuka kunjungan jika ada fenomena tertentu," katanya.
(azh)
cover top ayah
اِنۡ تَجۡتَنِبُوۡا كَبٰٓٮِٕرَ مَا تُنۡهَوۡنَ عَنۡهُ نُكَفِّرۡ عَنۡكُمۡ سَيِّاٰتِكُمۡ وَنُدۡخِلۡـكُمۡ مُّدۡخَلًا كَرِيۡمًا
Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu dan akan Kami masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga).

(QS. An-Nisa:31)
cover bottom ayah
preload video