Pengunjung Masjid Sunan Ampel meningkat

Minggu, 05 Agustus 2012 - 14:33 WIB
Pengunjung Masjid Sunan Ampel meningkat
Pengunjung Masjid Sunan Ampel meningkat
A A A
Sindonews.com - Bulan Ramadan jumlah jemaat yang melakukan iktikaf di Masjid Agung Sunan Ampel, Surabaya mencapai ribuan. Bahkan jumlah tersebut meningkat ketika bulan Ramadan memasuki 10 hari terakhir. Terutama saat malam-malam ganjil.

Menurut Ketua Takmir Masjid Agung Ampel Muhammad Azmi para jamaah yang melakukan iktikaf ini tidak hanya berasal dari kota Surabaya saja. Melainkan juga berasal dari sejumlah muslim di penjuru dunia.

"Beberapa juga dari Malaysia, Brunei Darussalam, Malaysia, Jepang dan juga ada dari Amerika Serikat, mereka beriktikaf di masjid Sunan Ampel ini," kata Azmi, Minggu (5/8/2012).

Ia memprediksi, jumlah jamaah yang iktikaf di masjid tersebut mencapai 15 ribu jamaah. Angka itu didapat dari jemaat sholat subuh. "Mereka yang beriktikaf di sini berlanjut dengan sahur bersama dan disambung dengan salat subuh berjamaah," ujar Azmi.

Ia merinci, 1 Shaf di Masjid Agung Ampel memuat sekitar 360 Jemaat. Sejak hari kelima puasa rata-rata shaf terisi 40 baris setiap sholat subuh. Dengan jumlah tersebut tentunya terdapat sekira 14.400 orang. “Ya, sekitar segitulah yang beriktikaf di sini setiap malamnya,” tandasnya.

Jumlah jamaah yang iktikaf itu belum termasuk masyarakat yang berziarah. Sebab pada siang hari hingga menjelang maghribh banyak warga yang melakukan ziarah. Ada yang berzikir dan ada pula yang membaca Alquran di areal makam. Baik di makam Sunan Ampel, Makam Mbah Bolong ataupun makam Mbah Soleh.

Pihak takmir masjid Agung Sunan Ampel berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada para jamaah di bulan suci Ramadan. Selain menyediakan menu Sahur, takmir masjid juga menyediakan takjil ketika berbuka puasa. Untuk menutup keperluan itu, dana di dapat dari beberapa donatur.

"Alhamdulillah, ada saja donatur yang menyumbangkan takjil dan nasi kotakan baik untuk berbuka puasa maupun makan sahur, sehingga hingga malam ini semua jamaah masih kebagian. Mudah-mudahan akan terus begitu hingga akhir Ramadan," tukasnya.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8898 seconds (0.1#10.140)