Tujuh titik jalur puncak rawan macet

Jum'at, 10 Agustus 2012 - 20:41 WIB
Tujuh titik jalur puncak rawan macet
Tujuh titik jalur puncak rawan macet
A A A
Sindones.com - Puncak dijadikan salah satu tempat rekreasi keluarga serta arus mudik yang biasa mengalami kemacetan. Sedikitnya terdapat tujuh titik rawan macet di Jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat, yang patut diwaspadai masyarakat saat arus mudik Lebaran tahun ini.

Berdasarkan data Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor, tujuh titik tersebut termasuk jalur Bogor, Ciawi, Sukabumi (Bocimi), yang meliputi Tanjakan Selarong, Taman Wisata Matahari, Taman Safari, dan Tanjakan Gunung Mas (Puncak).

"Sedangkan jalur Bocimi yang mesti dihindari, yakni Tanjakan Hino, Jalur Cimande dan Cigombong. Selain rawan kemacetan, jalur tersebut juga rawan kecelakaan. Tapi, semuanya sudah kita siagakan untuk dipantau rutin dan menempatkan personel khusus berikut derek, jika memang ada hambatan lalu lintas," jelas Kasatlantas Polres Bogor AKP Edwin Effendi kepada wartawan, Jumat (10/8/2012).

Selain itu, pihaknya telah menyiapkan sedikitnya tujuh pos pengamanan mudik yang disebar di Jalur utama Puncak dan Jalur Bocimi. "Ketujuh pos pengamanan tersebut, di antaranya Pos Ciawi, Gadog, Taman Wisata Matahari (TWM), Polsek Cisarua, Masjid At-Tawun, Polsek Caringin dan Polsek Cijeruk," tambahnya.

Edwin mengatakan, penyiagaan pasukan digelar pasukan sudah selesai dilaksanakan. Saat ini pihaknya sedang berkonsentrasi untuk menyiapkan perlengkapan dan pembekalan bagi seluruh personel yang akan diterjunkan nantinya.

"Kita sudah kontrol semua pos pam, semuanya sudah siap ditempati dan melayani para pemudik," tegasnya.

Dia menegaskan, Lebaran pertama dan kedua, pihaknya tidak akan menerapkan sistem one way (buka tutup jalur) di Jalur Utama Puncak dengan pertimbangan menghindari konflik dengan warga sekitar. "Khusus hari pertama dan kedua Lebaran saja. Selanjutnya kita akan terapkan sesuai situasional lalu lintas," ungkapnya.

Siaga personel juga dikonsentrasikan di jalur tempat-tempat wisata seperti Taman Wisata Matahari, Cimori, Taman Safari serta beberapa pusat perbelanjaan. "Kita sudah siagakan personel cadangan sebanyak 1.213 personel," tegasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8517 seconds (0.1#10.140)