Arah kiblat Masjid Agung digeser 15 derajat

Rabu, 03 Juli 2013 - 11:23 WIB
Arah kiblat Masjid Agung digeser 15 derajat
Arah kiblat Masjid Agung digeser 15 derajat
A A A
Sindonews.com - Tata letak interior Masjid Agung Surakarta terpaksa dirombak untuk menyesuaikan kiblat yang ternyata mengarah 15 derajat ke utara bangunan.

Pengurus Takmir Masjid Agung Mustakim mengatakan, penyesuaian arah kiblat ke Kakbah di Mekkah secara otomatis menggeser mimbar utama masjid dan deretan saf. ”Arah kiblat ini diperbarui agak serong ke utara sekitar 15 derajat,” ucapnya, Rabu (3/7/2013).

Pergeseran arah kiblat ini dinilai lumrah terjadi mengingat pergerakan lempeng bumi. Penyesuaian arah kiblat ini memerlukan ketelitian dengan memakai jasa pengukuran sudut oleh petugas di Kementerian Agama (Kemenag) Solo.

Penyesuaian diupayakan selesai sebelum memasuki Ramadan. Menurutnya, arah kiblat yang benar untuk Masjid Agung Solo sudah diinformasikan Kantor Wilayah Departemen Agama (Kandepag) Jawa tengah sejak dua tahun silam. Namun, karpet dan mimbar di Masjid Agung baru digeser tahun ini.

"Setelah ini kita akan membuat panduan saf yang baru untuk menyesuaikan kemiringan arah kiblat," ujar Mustakim.

Nanti saf di Masjid Agung tidak akan simetris dengan bangunan yang menghadap ke barat. Mustakim meminta jemaah memaklumi kondisi yang potensial memangkas kapasitas jemaah ketika menunaikan ibadah.

Sementara itu, seorang jemaah Masjid Agung Solo bernama Hamdi mengaku kaget dengan arah kiblat di masjid yang berubah. ”Biasanya kan lurus ke arah barat,” ucapnya. Namun, setelah diberi penjelasan oleh seorang pengurus masjid, dia meyakini arah kiblat yang telah ditentukan tersebut benar.
(hyk)
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1094 seconds (11.210#12.26)