11 tips menghindari kejahatan saat Ramadan

Senin, 15 Juli 2013 - 15:10 WIB
11 tips menghindari kejahatan saat Ramadan
11 tips menghindari kejahatan saat Ramadan
A A A
Sindonews.com - Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Martinus Sitompul memberikan 11 tips cara menghindari kejahatan saat bulan Ramadan.

“Di bulan Ramadan tindak kejahatan semakin merajalela. Mulai dari pencurian, penjambretan, bahkan perampokan menggunakan senjata api,” tutur Martinus, kepada wartawan, Senin (15/7/2013).

Menurutnya, kejahatan meningkat saat Ramadan, lantaran para pelaku melakukan aksinya karena desakan kebutuhan yang meningkat dalam menyambur Hari Raya Idul Fitri. Berikut 11 Tips aman menghindari kejahatan saat Ramadan:

1. Selalu mengunci rumah saat ditinggal pergi, pastikan semua pintu dan jendela tertutup rapat.

2. Menempatkan atau menitipkan barang-barang berharga di tempat yang aman.

3. Memberitahukan kepada tetangga atau kepada petugas keamanan, apabila ada orang tidak dikenal yang mencurigakan berkeliaran di sekitar rumah.

4. Mempersiapkan nomor/kontak pihak berwajib agar langsung bisa melaporkan apabila terjadi tindak kejahatan.

5. Meminta pengawalan aparat apabila ingin mengambil uang dalam jumlah yang besar.

6. Usahakan ada yang menemani ketika bepergian.

7. Hindarilah bepergian dengan melewati jalan sepi, terlebih sendirian. Jika memang ada rute harus melewati jalan sepi, ubahlah arah yang dapat memberikan semacam penerangan. Pilihlah jalan yang dihuni atau pemukiman. Biasanya jalanan sepi memang rawan tindak kejahatan.

8. Berhati-hatilah dengan orang yang sok akrab yang mengajak kita bicara.

9. Bersikaplah tenang jika berhadapan dengan orang-orang yang mencegat dan atau bertemu di jalan. Sikap tenang akan memberikan inspirasi tindakan paling tepat. Jangan tampakkan wajah takut dengan gertakan penjahat. Hadapilah gertakan itu seraya memandangnya dengan pandangan teduh dan bersahabat.

10. Apabila penjahat sudah mulai bertindak segeralah anda berlari sambil berteriak minta tolong, sehingga memancing perhatian warga. Dengan begitu penjahat akan panik dan takut.

11. Apabila penjahat berhasil kabur, ingat-ingatlah wajahnya dan ciri-ciri fisik pelaku, catat/hafal nomor kendaraan apabila membawa kendaraan agar memudahkan pihak berwajib dalam mencari tersangka.

“Yang paling penting adalah jangan panik menghadapi situasi terdesak. Usahakan dalam keadaan tenang sehingga tau apa yang kemudian dilakukan,” tutup Martinus.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7076 seconds (0.1#10.140)
pixels