Remaja di Denpasar ngabuburit bareng reptil

Selasa, 16 Juli 2013 - 22:30 WIB
Remaja di Denpasar ngabuburit bareng reptil
Remaja di Denpasar ngabuburit bareng reptil
A A A
Sindonews.com - Ada cara yang unik bagi remaja di Denpasar, Bali untuk menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit. Pasalnya, para remaja itu ngabuburit sambil bermainmain dengan hewan reptil pemiaraannya.

Lapangan Puputan Badung menjelang waktu berbuka puasa selalu ramai dibanjiri warga, mulai anak-anak hingga orangtua. Salah satu yang menarik perhatian adalah aksi anak muda yang tergabung dalam komunitas Barcode.

Bukan saja namanya yang sedikit nyeleneh, namun yang membuat warga tergelitik dan penasaran karena mereka membawa aneka jenis hewan reptil di tempat umum.

"Hampir setiap minggu, kami berkumpul di Lapangan Puputan dan pada bulan Ramadan ini sembari menunggu waktu berbuka puasa," kata Ferry Suyanto mewakili Barcode di lokasi, Selasa (16/7/2013).

Merekapun sembari membawa reptil piaraan masing-masing untuk diajak bermain di alam terbuka atau sekadar diajak jalan-jalan di sekitar lapangan.

Adapun reptil jinak yang dipelihara anggota komunitas ini adalah varanus albigularis, iguana, biawak, aneka macam ular, hingga kalajengking.

Pada sisi lain, Ferry ingin memperkenalkan kepada masyarakat luas, jika reptil bisa dijadikan binatang peliharaan. Sebab, masih banyak anggapan masyarakat tentang reptil ini agak negatif dan berbahaya.

Tentu saja, kehadiran komunitas ini yang membawa berbagai jenis binatang menarik perhatian warga. Banyak yang penasaran dan tertarik melihat dari dekat atau sekedar memegang tak sedikit pula yang ingin berfoto bersama dengan reptil lucu dan sedikit seram ini.

Ferry menjelaskan komunitasnya berdiri pada 14 Februari 2012 dan kini beranggotakan 20 orang penyuka hewan reptil.

"Senang saja memeliharanya tapi merawatnya gampang-gampang susah," Katanya.

Ditambahkannya, kehadiran komunitas ini untuk mengenalkan berbagai jenis reptil ini kepada masyarakat bahwa hewan seperti itu tidak berbahaya dan bisa jadi sahabat keluarga.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2801 seconds (0.1#10.140)