DIY tentukan 1 Syawal jatuh 8 Agustus 2013

Jum'at, 19 Juli 2013 - 21:09 WIB
DIY tentukan 1 Syawal jatuh 8 Agustus 2013
DIY tentukan 1 Syawal jatuh 8 Agustus 2013
A A A
Sindonews.com - Bulan Ramadan di Keraton Yogyakarta baru berjalan 11 hari. Namun demikian, institusi tersebut sudah memutuskan Idul Fitri 1434 Hijriah 2013 bertepatan dengan 8 Agustus 2013.

Keputusan tersebut diketahui dari surat pemberitahuan Tepas Dwarapura Keraton Kasultanan Yogyakarta, abdi dalem kaprajan yakni PNS di Pemda DIY akan mendapatkan kiriman gunungan Syawal dari Keraton Kasultanan Yogyakarta pada delapan Agustus mendatang.

"Kalau melihat surat ini memang gerebek Syawal itu bertepatan dengan Idul Fitri, jadi Lebaran-nya Keraton ya 8 Agustus," kata Kabag Humas Pemda DIY Iswanto, Jumat (19/7/2013).

Dengan demikian menurutnya, perhitungan puasa di Keraton Yogyakarta tahun ini sama persis dengan perhitungan Ormas Muhammadiyah.

"Kalau pemerintah kapan kita masih harus menunggu sidang di Kemenag," tambahnya.

Dibagian lain menurut Iswanto, mulai 2013 ini Kantor Pemda DIY akan mendapatkan kiriman gunungan sebagai sedekah dari Raja Kasultanan Yogyakarta Sri Sultan HB X sebanyak tiga kali.

Dengan demikian, jika mulai 2011 lalu hanya gunungan Sekaten yang dikirim ke Pemda DIY, maka mulai tahun ini setiap kali keraton mengeluarkan gunungan, Pemda DIY akan mendapatkan kiriman.

"Mulai tahun ini kita dapat tiga gunungan. Kalau biasanya hanya satu kini setiap kali ada gunungan kita akan mendapatkan kiriman, baik itu Gerebek Syawal, Besar (Idul Adha) ataupun Sekaten," tuturnya lebih lanjut.

Khusus untuk gerebek Syawal pada delapan Agustus mendatang Iswanto berharap masyarakat dapat meramaikannya. Hal tersebut mempertimbangkan pada saat tersebut PNS libur lebaran dan banyak yang mengikuti adat mudik.

Penghageng Tepas Dwarapuro Keraton Kasultanan Yogyakarta KRT Djatiningrat mengatakan, sebagai institusi Keraton memiliki perhitungan sendiri untuk menentukan awal bulan. Dan untuk tahun ini disebutkannya, Puasa di Keraton Yogyakarta berlangsung 30 hari.

"Puasa kita (Keraton) 30 hari. Kita mulai 9 Juli lalu meskipun pemerintah mulai puasa 10 Juli atau sehari setelahnya," tandasnya.

Disinggung mengenai gunungan, pada prosesi gerebek Syawal tahun ini yang bertepatan dengan 1 Syawal Sri Sultan HB X berkenan untuk menambah jumlah gunungan yang dibagikan ke masyarakat.

Pada delapan Agustus nanti akan ada tujuh gunungan, dimana lima akan dibagikan untuk masyarakat di halaman Masjid Gede Kauman, satu dikirim ke Kadipaten Pura Pakualaman dan satu gunungan di kirim ke Kepatihan, komplek Pemda DIY.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5338 seconds (0.1#10.140)