Menunggu magrib dengan menjelajah Kali Code

loading...
Menunggu magrib dengan menjelajah Kali Code
Menunggu magrib dengan menjelajah Kali Code
Sindonews.com - Menunggu waktu berbuka puasa sambil kongkow di pusat perbelanjaan, tempat nongkrong, atau pasar tiban sudah umum dilakoni masyarakat sekarang. Apakah Anda bosan dengan “sajian” yang ada? Kalau begitu, yuk ikut KORAN SINDO YOGYA ngabuburit ke Kali Code! Aneka makanan yang disajikan di sini bervariasi.

Mulai kolak sampai gorengan, dan aneka jajanan pasar lainnya. Semua ditawarkan oleh lebih dari 30 pedagang di Kampung Wisata Sayidan tersebut. ”Sepanjang Kali Code ada penjual yang menawarkan aneka takjil untuk berbuka puasa. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati Kali Code dengan perahu karet,” ungkap Ketua RW 05 Sayidan, sekaligus Takmir Masjid Al- Ikhlas, Imawan Wibisana, kemarin.

Perahu yang disediakan ada sekitar lima unit. Perahu itu milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY. Dengan sedikit membendung sungai, air sudah cukup tinggi dan bisa digunakan untuk wahana rekreasi bagi warga untuk menunggu waktu azan magrib. Dengan adanya Kampung Ramadhan ini, Imawan berharap bisa menambah penghasilan warga Kampung Sayidan.

Kampung Wisata Ramadan yang dikelola langsung oleh Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Sayidan itu bisa dibilang sukses. Sejak hari pertama puasa, sudah ramai dengan pengunjung, baik yang ingin membeli jajanan ataupun juga naik perahu. Wisata takjil dibuka mulai pukul 14.00–18.00 WIB. Sedangkan wisata perahu karet dibuka sejak pagi hingga sore menjelang buka puasa.



Untuk masuk masyarakat tidak perlu membayar tiket, tapi kalau ingin naik perahu ditarik biaya per orangnya Rp5.000. Mustaqim, 37, warga Kalasan, pun menyempatkan diri datang ke tempat ini bersama keluarganya. Dia mengaku tertarik dengan Kampung Wisata Ramadhan Sayidan karena berbeda dari tempat lain.

”Kalau pasar tiban lainnya hanya menyediakan makanan, tapi di sini (Sayidan) ada perahu juga dan menjadi menarik bagi anak-anak,” katanya. Sembari berbelanja aneka menu berbuka puasa, dia beserta dua anaknya dapat menikmati keindahan Kali Code dengan menggunakan perahu karet.
(nfl)
cover top ayah
فَاِنۡ تَابُوۡا وَاَقَامُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتَوُا الزَّكٰوةَ فَاِخۡوَانُكُمۡ فِى الدِّيۡنِ‌ؕ وَنُفَصِّلُ الۡاٰيٰتِ لِقَوۡمٍ يَّعۡلَمُوۡنَ‏
Dan jika mereka bertobat, melaksanakan shalat dan menunaikan zakat, maka (berarti mereka itu) adalah saudara-saudaramu seagama. Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi orang-orang yang mengetahui.

(QS. At-Taubah:11)
cover bottom ayah
preload video