Menukar uang Lebaran yang nyaman

Rabu, 24 Juli 2013 - 09:34 WIB
Menukar uang Lebaran yang nyaman
Menukar uang Lebaran yang nyaman
A A A
Selain berbelanja menjelang hari raya Idul Fitri, hal yang tak ketinggalan dalam persiapan perayaan Lebaran adalah menukar uang baru pecahan kecil. Ritual bagi-bagi angpaw atau uang lebaran seperti sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Uang lebaran yang dibagikan umumnya kepada anak-anak ini biasanya berupa uang baru pecahan mulai Rp 1.000, sampai Rp 20.000.

Seiring kemajuan teknologi perbankan, untuk melakukan penukaran uang tersebut masyarakat tidak perlu membawa uang tunai proses penukaran uang. Cukup membawa alat pembayaran seperti ATM.

BI sudah mempersiapkan Infrastruktur dan layanan sistem pembayaran non tunai juga telah disiapkan untuk mengantisipasi peningkatan transaksi pembayaran non tunai (RTGS, Kliring) yang volume transaksinya selalu meningkat rata-rata 14% .

Namun, bagi Anda yang ingin tetap melakukan penukaran uang secara langsung, Sindonews telah merangkum beberapa tips yang perlu perhatikan dalam menukar uang, diantaranya mewaspadai penipuan tempat penukaran uang receh, agar Anda terhindar kejahatan peredaran uang palsu.

Anda juga harus mengetahui dulu komisi yang akan diberikan kepada jasa tempat penukaran uang apakah besar atau kecil. Jika komisi yang ditetapkan adalah kecil, maka sebaiknya anda ambil tapi jika komisi yang diminta tidak relevan dengan keadaan maka sebaiknya Anda meneruskan transaksi.

Setelah melakukan penukaran uang, Anda perlu memastikan bahwa uang yang akan Anda tukar adalah uang asli dengan menggunakan alat pendeteksi uang sehingga Anda tidak akan merasa tertipu. Selain menggunakan alat pendeteksi uang, Anda juga dapat menggunakan cara dengan 3D yaitu: dilihat, diraba dan diterawang.

Karena itu, sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin menukar uang receh untuk hari Lebaran melakukannya ditempat resmi yang ditunjuk oleh Bank Indonesia.

Bank Indonesia (BI) pun telah bekerjasama dengan 11 bank menyediakan layanan penukaran. Hal itu dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan transaksi masyarakat khususnya uang pecahan kecil (UPK), di wilayah Jakarta dan sekitarnya

Untuk lokasi penukaran di Monas, dilakukan pada 10 Juli hingga 2 Agustus 2013, mulai pukul 09.00 hingga 14.00 WIB.

Sementara sebelas bank yang berpartisipasi adalah BNI, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BTN, Bank DKI, Bank BJB, BCA, Bank Permata, Bank CIMB Niaga, Bank BII dan Bank Mega.

Untuk keamanan dan kenyamanan masyarakat, penukaran dapat dilakukan dengan membawa kartu ATM dan kemudian dananya ditukarkan dengan UPK.

BI juga bekerjasama dengan PT Kereta Api Indonesia menyediakan layanan penukaran UPK di lima stasiun kereta api pukul 12.00-14.00 WIB. Kelima stasiun yang dimaksud, yaitu :
1. Stasiun Kota
2. Gambir
3. Senen
4. Tanah Abang
5. Jatinegara

Bagi Anda yang ingin menukar uang baru pecahan kecil untuk Lebaran, sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari untuk menghindari antrean.
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6644 seconds (0.1#10.140)