Ini kekhawatiran Menhub di jalur selatan

Jum'at, 26 Juli 2013 - 15:36 WIB
Ini kekhawatiran Menhub di jalur selatan
Ini kekhawatiran Menhub di jalur selatan
A A A
Sindonews.com - Menteri Perhubungan (Menhub) EE Mangindaan melakukan pematauan jalur mudik selatan Jawa Barat (Jabar) untuk memastikan kesiapan jalur itu agar bisa dilalui para pemudik.

"Saya sengaja memantau dalam rangka memastikan pengaman dan penyelanggaraan angkuta terpadu dalam Lebaran nanti," ujarnya kepada wartawan di kawasan Nagreg, Kabupaten Bandung, Jabar, Jumat (26/7/2013).

Dari hasil pemantauan awal, ada beberapa titik kekhawatiran dirinya untuk pemudik yang menggunakan jalur selatan seperti di Nagreg, Limbangan, dan Gentong.

Menurutnya, saat ini jalur Nagreg terbilang lancar dengan adanya Jalur Lingkar Nagreg. Namun hal itu malah membuat kendaraan stak di Limbangan terlebih hingga Gentong.

"Menurut Dinas PU (pekerja umum), itu sudah diatasi khususnya di Gentong supaya bisa terhindar dari kemacetan," kata menteri asal Partai Demokrat ini.

Sementara itu, khusus untuk Jalur Nagreg, pihaknya mengkhawatirkan adanya kecelakaan yang diakibatkab kontruksi jalan yang menurun tajam dan berbelok-belok.

Selain jalan, pihaknya juga mengkhawatirkan faktor cuaca yang selama ini mengalami hujan secara terus menerus.

"Karena hujan terus, jadi banyak jalan yang longsor dan rusak. Seperti halnya jalur kereta api di Rajapolah yang longsor kemarin," terangnya.

Dalam kesempatan itu, Mangindaan juga memastikan H-10 semua jalur mudik dipastikan telah rampung mulai dari jalur utara, tengah, maupun selatan.

"Di Pantura seperti di Jomin, Cikopo, dan Brebes, jalan yang sebenarnya harus di cor tapi belum selesai. Untuk sementara di lakukan over lay yakni dilapis dengan aspal barulah setelah lebaran di cor," pungkasnya.

Dalam peninjauannya kali ini, Menhub datang dengan didampingi Kakorlantas Mabes Polri dan Gubernur Jabar Ahmad Herawan (Aher).
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5254 seconds (0.1#10.140)