PB IDI buka posko kesehatan Lebaran 2013

Selasa, 30 Juli 2013 - 11:18 WIB
PB IDI buka posko kesehatan Lebaran 2013
PB IDI buka posko kesehatan Lebaran 2013
A A A
Sindonews.com - Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) secara resmi akan membuka posko kesehatan di beberapa titik mudik untuk menyambut kegiatan mudik Lebaran tahun ini.

Posko yang diberi nama Posko Bakti Kesehatan Lebaran PB IDI 2013 ini akan dibuka sejak dimulainya hari pertama pelaksanaan mudik.

Menurut Ketua Umum IDI, Dr. Zainal Abidin mengatakan, kegiatan mendirikan posko mudik dimaksudkan untuk membantu para pemudik memberikan pelayanan kesehatan dan konsultasi kesehatan bagi para pemudik.

"Kita ingin mendirikan posko mudik seperti tahun-tahun sebelumnya atau petugas kesehatan mudik 2013. Setidaknya kalau ada petugas kesehatan disana (jalur mudik), minimal bisa membuka konsultasi kesehatan," ujar Zainal A, saat jumpa pers, di kantor IDI, Jakarta, Selasa (30/7/2013).

Dia mengatakan, tujuan didirikannya posko bakti kesehatan adalah untuk melayani kebutuhan kesehatan para pemudik yang menggunakan transportasi pribadi maupun umum. Untuk kemudian dilakukan penanganan kondisi darurat awal, dimulai dari pemeriksaan tekanan darah, pemberian obat dan jika perlu dirawat maka akan dirujuk ke rumah sakit terdekat.

Namun demikian, menurut Zainal, posko yang dibuat PB IDI belum bisa menjangkau semua titik lokasi tempat mudik di Indonesia, disebabkan minimnya sumber daya manusia (petugas) yang bertugas di lapangan.

Oleh karena itu, lanjutnya, pihak IDI hanya menempatkan posko di beberapa wilayah saja, seperti di Jawa Barat dan Banten.

"Kita tidak bisa mencapai semua jalur-jalur mudik. Ya tentunya disitu juga sebenarnya sudah ada petugas dinas kesehatan di wilayah masing-masing. Kita tinggal berkoordinasi saja," jelas Zainal.

Adapun posko mudik Lebaran IDI 2013 antara lain; Posko Masjid Agung, Cilegon, Posko Serang Rest Area KM 68, Posko Kota Bekasi di Rest Area KM 19, Posko kabupaten Bekasi rest area KM 57, Posko Kota Bandung, pintu Tol Mohammad Toha, dan Posko Kabupaten Bandung Nagreg.
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3750 seconds (0.1#10.140)