IDI: Mayoritas pemudik mengeluh sakit maag

Selasa, 30 Juli 2013 - 12:44 WIB
IDI: Mayoritas pemudik mengeluh sakit maag
IDI: Mayoritas pemudik mengeluh sakit maag
A A A
Sindonews.com - Ketua Posko Bakti Kesehatan Mudik Lebaran 2013 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Prasetyo Widhi Buwono menjelaskan, keluhan sakit yang dirasakan para pemudik mayoritas disebabkan karena sakit mag.

"Pemudik yang datang biasanya yang sakit mag karena perjalanan jauh," ujar Prasetyo, dikantor PB IDI, Jakarta, Selasa (30/7/2013).

Prasetyo menuturkan, jumlah pemudik yang dia ketahui berjumlah sekitar 75 persen. Sehingga, kata dia, potensi kecelakaan akan semakin besar. Dari itu, pihak IDI telah menyiapkan dari penanganan yang bersifat segera sampai rujukan rumah sakit jika terdapat kecelakaaan yang membutuhkan penanganan lebih intensif.

"Kalau untuk yang kecelakaan kita rujuk rumah sakit terdekat. Diprkirakan 75% warga Jakarta mudik," ungkapnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, info mudik masih seputar infrastruktur jalan yang masih rusak serta kondisi cuaca yang tidak menentu yang akan mengakibatkan para pemudik gampang terkena sakit.

"Selain jalan rusak, juga faktor cuaca, alam. Kita menghimbau pemudik tidak usah memaksakan kesehatannya," jelasnya.

Secara umum IDI menghimbau kepada para pemudik agar memaskimalkan tempat istirahat (rest area) untuk melepaskan lelah dan kantuk termasuk posko yang didirikan IDI. Bukan itu saja, IDI berharap para pemudik mempersiapkan diri dengan membawa keperluan diri, seperti makanan dan obat-obatan yang diperlukan.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8295 seconds (0.1#10.140)