Razia angkutan mudik, 75 persen bus tak laik jalan

Selasa, 30 Juli 2013 - 19:37 WIB
Razia angkutan mudik, 75 persen bus tak laik jalan
Razia angkutan mudik, 75 persen bus tak laik jalan
A A A
Sindonews.com - Untuk menjamin keselamatan pemudik, polisi dan Dinas Perhubungan merazia bus-bus angkutan mudik di Terminal Jombang, Jawa Timur. Petugas melakukan pemeriksaan kondisi fisik bus hingga kelengkapan surat kendaraan.

Dalam razia yang digelar pada Selasa (30/7/2013) siang tadi, petugas mendapati mayoritas kondisi bus cukup memprihatinkan. Mulai dari menggunakan ban bekas yang sudah rusak, hingga lampu dan wiper yang tak berfungsi.

Mendapati kondisi yang sangat mengkhawatirkan ini, petugas memberi surat tilang dan meminta sopir bus untuk memperbaiki kelaikan jalan kendaraannya. Sebab jika tidak, kondisi ini akan membahayakan para pemudik.

Salah seorang pengemudi bus, Sutikno, mengakui ban bus yang dikendarainya merupakan ban vulkanisir. Namun Sutikno berkilah, yang bertanggung jawab atas pengadaan ban bekas tersebut adalah perusahaan pemilik bus. Sementara dirinya hanya bertugas menjalankan kendaraan saja.

Kasat Lantas Polres Jombang AKP Bambang Cristianto di lokasi mengungkapkan, total jumlah bus yang dianggap tidak laik jalan mencapai 75 persen. Bambang meminta Dinas Perhubungan segera memperingatkan perusahaan otobus untuk memperhatikan kelaikan jalan kendaraannya.

Bambang khawatir kondisi bus yang tidak laik tersebut akan menyebabkan kecelakaan, dan merugikan penumpang.

Kepada para pemudik, Bambang juga mengimbau para calon penumpang agar berhati-hati memilih bus yang akan ditumpanginya saat mudik Lebaran nanti.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3459 seconds (0.1#10.140)