Temanggung siap jadi jalur arus mudik

Kamis, 01 Agustus 2013 - 15:48 WIB
Temanggung siap jadi jalur arus mudik
Temanggung siap jadi jalur arus mudik
A A A
Sindonews.com - Jalan di wilayah Temanggung, Jawa Tengah, dipastikan akan menjadi salah satu jalur alternatif mudik Lebaran tahun 2013. Terutama bagi pemudik yang akan menuju wilayah Jawa Tengah bagian selatan.

Sejumlah dinas terkait dan petugas keamanan Pemerintah Kabupaten Temanggung telah menyiapkan segala bentuk kebutuhan demi kelancaran arus mudik.

Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, menyiagakan 13 Puskesmas di jalur mudik. Puskesmas tersebut dapat melayani pemudik selama 24 jam.

Puskesmas yang siaga 24 jam, yakni Temanggung, Dharma Rini, Kranggan, Pare, Pringsurat, Kedu, Bulu, Parakan, Traji, Kledung, Ngadirejo, Candiroto, dan Puskesmas Bejen.

Sedangkan puskesmas yang menerapkan sistem jaga ada 11 Puskesmas, yakni Kaloran, Tepusen, Tembarak, Selopampang, Kandangan, Bansari, Jumo, Gemawang, Tretep, Wonoboyo, dan Puskesmas Tlogomulyo.

"Puskesmas yang berada di jalur mudik atau balik kami siagakan 24 jam, mulai H-7 hingga H+7, yakni pada 1 sampai 16 Agustus 2013. Sedangkan Puskesmas yang tidak berada di jalur mudik atau balik, katanya, menerapkan piket jaga pada 1 sampai 16 Agustus," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung Agus Munadi, Kamis (1/8/2013).

Dijelaskannya, Puskesmas ditugaskan untuk menempatkan tim medisnya satu orang dokter, satu orang perawat (bidan), dan satu orang pengemudi dan satu unit ambulan.

Selain itu, dilengkapi dengan obat pelayanan dasar bergabung dengan kepolisian di pos pengamanan terpadu.

Petugas medis bergabung di pos pengamanan terpadu di Nglarangan Kecamatan Pringsurat, Pasar Kliwon Temanggung, dan Pos Pengamanan Terpadi di Ngadirejo.

Agus menuturkan, karena keterbatasan personel maka tim medis di pos pengamanan terpadu didukung petugas dari Puskesmas di sekitarnya.

"Di pos Nglarangan selain Pringsurat juga melibatkan petugas dari Puskesmas Kranggan dan Pare, kemudian pos Pasar Kliwon melibatkan Puskesmas Tlogomulyo, Dharma Rini, dan Temanggung, Pos Ngadirejo didukung dari Candiroto, Traji, dan Ngadirejo," paparnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2917 seconds (0.1#10.140)