Naik 5%, Tol Palikanci akan dilalui 8 juta kendaraan

Kamis, 01 Agustus 2013 - 17:37 WIB
Naik 5%, Tol Palikanci akan dilalui 8 juta kendaraan
Naik 5%, Tol Palikanci akan dilalui 8 juta kendaraan
A A A
Sindonews.com - Pemudik yang melintas di Jalur Tol Palimanan-Kanci (Palikanci) tahun 2013 dprediksi akan meningkat 5 persen dibanding tahun 2012 atau sekira 8 juta unit kendaraan.

Puncak arus mudik kendaraan di tol ini sendiri diperkirakan terjadi H-3, sedangkan arus balik pada H+2.

General Manager PT Jasa Marga (Persero) Cabang Palikanci Dadang Sumaryana mengatakan, jumlah kendaraan yang melintasi tol Palikanci bisa mencapai sekira 48 ribu unit. Lonjakan kendaraan yang melewati tol Palikanci sendiri diprediksi mulai H-5.

"Tahun lalu pada hari yang sama, tol Palikanci hanya dilewati 47.648 unit kendaraan," katanya kepada wartawan, Kamis (1/8/2013).

Sedangkan untuk arus balik diprediksi terjadi pada H+2 dengan prediksi jumlah kendaraan yang menuju Jakarta mencapai 42.525 kendaraan. Singkatnya waktu arus balik, dikatakan dia, akan menyebabkan kendaraan memenuhi ruas jalan baik di jalur tol maupun jalur umum Pantura.

Dibanding hari biasa, jumlah kendaraan yang melewati tol Palikanci saat arus mudik dan balik mengalami kenaikan lebih dari 300 persen. Maka itu, dia pun tak menampik perlu adanya penanganan khusus agar tak ada antrean panjang di jalur tol.

Maka itu, berbagai aturan dipermudah, seperti memperpendek pembayaran dari dua kali pada hari biasa menjadi satu kali saja. Saat arus mudik, pemudik yang melintasi tol Palikanci dari arah Jakarta ke Jawa Tengah akan diarahkan untuk membayar di gerbang tol Ciperna Utama.

Sedangkan saat arus balik, pemudik dari Jawa Tengah menuju Jakarta hanya akan membayar di pintu tol Plumbon Tiga.

Selain itu, gardu untuk pembayaran pun diperbanyak menjadi 15 titik, masing-masing terdiri dari sepuluh gardu ditambah lima petugas mobile. Pada hari biasa, gardu yang dioperasikan hanya sekitar lima gardu.

"Jumlah petugas pun ditambah, dari petugas utama 105 orang ditambah petugas tambahan yang dikontrak selama arus mudik dan balik sejumlah 16 petugas," tambah dia.

Dia pun meyakinkan perbaikan jalan pada H-10 telah rampung. PT Jasa Marga Cabang Tol Palikanci juga telah menyediakan dua rest area, masing-masing satu rest area di jalur mudik dan satu lagi di jalur balik. Untuk rest area di jalur mudik terdapat di km 226A sedangkan untuk arus balik terdapat di km 227B.

Masing-masing rest area dilengkapi rumah makan, masjid, pusat jajanan, kantin, mini market, dan SPBU. "Kami juga memasang 24 unit CCTV dan lima mobil derek dioperasikan di Tol Palikanci," pungkasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2992 seconds (0.1#10.140)