Sehat usai Lebaran

Jum'at, 02 Agustus 2013 - 12:19 WIB
Sehat usai Lebaran
Sehat usai Lebaran
A A A
Perhatikan porsi makan. Jangan menjadikan Lebaran sebagai ajang balas dendam setelah sebulan berpuasa. Tetaplah makan dengan porsi yang tidak terlalu banyak atau berlebihan.

Konsumsi makanan dengan komposisi zat gizi yang seimbang. Makan makanan yang banyak mengandung sumber karbohidrat kompleks (nasi atau ketupat), sedikit lemak dan protein (opor, gulai) serta sedikit sekali gula, minyak, dan garam, termasuk kue-kue yang manis.

Hati-hati dengan gula. Kue-kue akan tersaji cantik di meja tamu. Anda harus mengingat bahwa gula dan krim dapat menaikkan kadar gula darah. Jagalah asupan makanan agar tidak berlebihan sehingga Anda dapat menjalankan aktivitas seperti biasa setelah Lebaran.

Ubah cara pengolahan. Mungkin Anda tetap ingin menghidangkan sejumlah makanan berlemak atau mengandung kolesterol tinggi, seperti daging, udang, atau lainnya. Namun, sebaiknya pilih cara pengolahan yang bisa mengurangi dampaknya bagi tubuh, seperti lebih banyak direbus atau kurangi penggunaan zat-zat penyedap tambahan.

Cukupi asupan buah-buahan dan sayur. Jangan lupa untuk menyeimbangkan makanan berlemak saat Lebaran dengan mengonsumsi banyak sayur-mayur dan buah-buahan. Buah-buahan berfungsi untuk menyeimbangkan kadar glukosa.

Banyak minum air putih. Jika memang tidak bisa menolak hidangan yang telah disediakan si pemilik rumah, sebaiknya setelah makanmakanan yang mengandung lemak dan santan Anda memilih untuk minum air putih, bukan justru ditambah minuman manis, apalagi bersoda (soft drink).

Siagakan obat yang sudah sering dikonsumsi untuk penyakit Anda. Menikmati semua jenis hidangan tentu tidak bisa seluruhnya dilarang, tapi harus dipastikan Anda tahu risikonya. Jadi, selalu seimbangkan dengan minum obat yang memang selalu dikonsumsi untuk mencegah penyakit Anda kambuh.

Jaga dan disiplinkan jam tidur. Saat puasa, kita dianjurkan untuk sahur dini hari sehingga mau tak mau segala jenis aktivitas harus selesai selepas berbuka tanpa harus berlarut-larut. Tujuannya agar jam tidur yang diperoleh cukup sehingga dapat tidur nyenyak.
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5769 seconds (0.1#10.140)