Dosa belum balig

Sabtu, 03 Agustus 2013 - 08:00 WIB
Dosa belum balig
Dosa belum balig
A A A
Tanya :
Apakah dosa ketika kecil (belum balig) akan dihitung di akhirat nanti?

Jawab :
Anak kecil atau orang yang belum balig bila melakukan hal-hal yang tidak benar tidaklah mendapat nilai dosa, dalam satu hadis Rasulullah bersabda yang artinya: “Yang terlepas dari hukuman (dosa) adalah tiga golongan, yaitu anak-anak hingga ia balligh, orang tidur hingga bangun dan orang gila hingga ia sembuh” (HR. Daud dan Ibnu Majah).

Dari hadis di atas jelaslah kalau orang yang belum ballig itu bila melakukan hal-hal yang tidak benar tidak mendapatkan nilai dosa. Meskipun begitu bukan berarti mereka dibiarkan saja melakukan hal-hal yang tidak baik sebab amal yang baik harus dibiasakan terhadap anak-anak sejak mereka kecil, bahkan dalam kaitannya dengan salat mereka sudah harus melaksanakannya pada umur tujuh tahun dan bila sampai umur sepuluh tahun masih meninggalkannya mereka harus dipukul.

Meskipun memukul sendiri tidak selalu bermakna hukuman secara fisik. Dengan demikian, kesalahan anak kecil di akhirat nanti tidak dihitung sebagai dosa seperti halnya kesalahan yang dilakukan oleh orang yang sedang tidur dan orang gila.

Demikian jawaban singkat pengasuh.
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5995 seconds (0.1#10.140)