Terminal bus sudah dilengkapi ruang menyusui

Senin, 05 Agustus 2013 - 09:02 WIB
Terminal bus sudah dilengkapi ruang menyusui
Terminal bus sudah dilengkapi ruang menyusui
A A A
Sindonews.com - Sejumlah terminal di Kota Bandung sudah dilengkapi ruang ibu menyusui. Salah satunya terlihat di Terminal Cicaheum yang dibuka sejak Jumat (1/8) lalu.

Menurut Kepala Terminal Cicaheum Jujun Juanda, ruang menyusui dibuat untuk merespons kebutuhan tinggi pemudik. “Ibu-ibu selalu bertanya karena butuh ruang khusus. Biasanya karena sementara, ruang kerja saya suka dikosongkan untuk ibu menyusui,” kata Jujun di ruang kerjanya kemarin.

Dia mengatakan, hingga kini ruangan tersebut belum digunakan dan masih dalam tahap sosialisasi. “H-4 Lebaran ini memang belum digunakan karena belum ada yang menanyakan. Nanti H-3 karena terjadi lonjakan jumlah pemudik, biasanya selalu banyak yang minta,” katanya.

Di Terminal Cicaheum, ruang khusus ibu menyusui masih bersatu di Posko Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Bandung. Jujun mengaku belum sanggup mendirikan tenda atau bangunan khusus bagi pelayanan kesehatan dan menyusui. “Jadi masih memakai ruangan kosong. Kalau untuk membangun, luas terminal sangat terbatas jadi tidak mungkin,” ucapnya.

Salah satu hal lain yang menjadi perhatian pihak terminal adalah belum adanya layanan khusus bagi pemudik difabel. “Penumpang seperti tunanetra dan pengguna kursi roda sering memakai angkutan umum. Petugas pun hanya bisa mengantarkan sampai tempat duduknya,” kata Jujun.

Ruang tunggu pun sedianya tidak disatukan dengan penumpang lain, tetapi di ruang khusus. “Tapi area sempit sekali. Jadi kalau bisa, perusahaan otobus yang harus layani agar kendaraan pro-difabel beroperasi,” katanya.

Dia menyebutkan, sejak pukul 08.00–17.00 WIB kemarin, 138 bus telah mengangkut sekitar 3.324 penumpang. “Padahal pada hari biasa maksimal 2.000-an penumpang dengan 90 armada yang keluar,” kata Jujun.
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5379 seconds (0.1#10.140)