Pemkot Samarinda siapkan angkutan mudik Lebaran

Senin, 05 Agustus 2013 - 15:30 WIB
Pemkot Samarinda siapkan angkutan mudik Lebaran
Pemkot Samarinda siapkan angkutan mudik Lebaran
A A A
Sindonews.com - Arus mudik di Kalimantan Timur (Kaltim) sangat berbeda dengan di Pulau Jawa. Beberapa lokasi angkutan arus mudik yang melayani rute dalam pulau tak terjadi lonjakan penumpang. Karena, banyak pemudik yang memilih menggunakan kendaraan pribadinya.

Meski demikian, Pemerintah Kota Samarinda tetap menyiagakan armada untuk arus mudik yang berpusat di ibu kota Kaltim ini. Selain terminal yang dipantau, Pemkot juga memantau pelabuhan yang melayari perairan Mahakam.

“Dalam penyelenggaraan angkutan Lebaran kali ini, Pemkot Samarinda telah menghimpun sejumlah armada baik untuk jenis layanan antar kota antar propinsi maupun antar kota dalam provinsi,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Samarinda H Abdullah, Senin (5/8/2013).

Di Terminal Samarinda Seberang dengan jurusan Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sudah disiapkan bus sebanyak 82 unit dengan kapasitas 3.690 seat. Jumlah ini sedikit berbeda dari hari biasa, mengingat penumpang tujuan Banjarmasin meningkat pada arus mudik.

Sementara pada terminal Sungai Kunjang yang melayani 12 kota tujuan armada yang disediakan sebanyak 249 unit dengan kapasitas 8.119 seat. Sedangkan untuk terminal Lempake dengan 8 kota tujuan tersedia armada 199 unit dengan kapasitas 4.416 seat.

Sisi angkutan sungai di dermaga Mahakam Hilir tersedia 50 buah kapal dengan kapasitas 550 seat, Dermaga Mahakam Ulu, armada kapal tersedia sejumlah 80 buah dengan kapasitas 4.645 seat. Angkutan sungai dari Dermaga Samarinda seberang ke Samarinda Hilir tersedia kapal sejumlah sembilan buah dengan jumlah seat 90.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4763 seconds (0.1#10.140)