Hindari takbir keliling, kawasan Simpang Lima ditutup

Rabu, 07 Agustus 2013 - 15:04 WIB
Hindari takbir keliling, kawasan Simpang Lima ditutup
Hindari takbir keliling, kawasan Simpang Lima ditutup
A A A
Sindonews.com - Mengantisipasi kemacetan di tengah Kota Semarang, khususnya kawasan Simpang Lima, akibat pawai takbir keliling, Pemkot Semarang akan melakukan penutupan jalan. Beberapa ruas jalan menuju kawasan itu akan ditutup total dari berbagai penjuru mulai pukul 17.00 WIB.

Menurut keterangan Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Faizal, ruas jalan yang ditutup antara lain Jalan Ahmad Yani, Jalan Imam Barjo, Jalan Pahlawan, Jalan Menteri Supeno, Jalan Tri Lomba Juang, Jalan Pandanaran, Jalan Gajahmada, Jalan Danarhadi, dan Jalan KH. Ahmad Dahlan. Penutupan jalan yang merupakan akses jalan menuju Simpang Lima, itu rencananya akan berlangsung hingga pukul 24.00 WIB.

"Semua akses menuju Simpang Lima semuanya ditutup, agar tidak ada yang takbiran di tempat itu. Karena jika semua berkumpul di sana, lalu lintas akan stag dan menimbulkan kemacetan total," kata dia, saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (7/8/2013).

Faizal menambahkan, pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang ingin melakukan takbir keliling agar tetap menjaga ketertiban di jalan raya. Dia juga berharap, pawai takbir keliling tidak mengganggu arus lalulintas di jalan raya. "Kalau bisa takbir keliling dilakukan di daerah masing-masing, tidak perlu jauh-jauh hingga ke tengah kota," imbuhnya.

Selain penutupan jalan di kawasan Simpang Lima untuk menghindari arak-arakan pawai takbir keliling, kawasan itu juga akan ditutup pada hari ini mulai pukul pukul 05.00 WIB. Penutupan dilakukan untuk kepentingan salat Idul Fitri di kawasan Simpang Lima. Setelah selesai, jalan akan kembali normal dibuka seperti semula.

Sementara itu bagi warga yang ingin ke Simpang Lima atau mengunjungi mall yang ada di sekitarnya, Pemkot Semarang melalui Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Semarang sudah menyiapkan 16 kantong parkir. Kantong-kantong parkir itu terletak di Jalan Ahmad Yani, Jalan Pleburan, Jalan Erlangga, Jalan Sriwijaya, Jalan Pahlawan, Jalan Tri Lomba Juang, dan Jalan Pandanaran.

"Sudah kami sediakan kantong-kantong parkir di tempat-tempat itu, Parkir seperti saat gelaran Car Free Day (CFD) hari Minggu," ujar Kepala Dishubkominfo Kota Semarang Agus Harmunanto.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5057 seconds (0.1#10.140)