Masjid Agung Jateng bersiap gelar salat Id

Rabu, 07 Agustus 2013 - 16:15 WIB
Masjid Agung Jateng bersiap gelar salat Id
Masjid Agung Jateng bersiap gelar salat Id
A A A
Sindonews.com - Menjelang datangnnya hari raya Idul Fitri, beberapa masjid besar di Kota Semarang mulai menggelar berbagai persiapan salat Id. Persiapan dilakukan guna mengantisipasi banyaknya jamaah yang akan mengikuti kegiatan salat di tempat tersebut.

Di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), persiapan salat Id bahkan sudah dilaksanakan jauh-jauh hari. Berbagai persiapan tekhnis seperti soundsystem, ketersediaan air wudhu, kebersihan, dan persiapan lain sudah dilakukan oleh pihak panitia.

"Persiapan sudah kami lakukan satu minggu sebelum Lebaran, kami juga telah berkoordinasi dengan PDAM dan meminta bantuan dua tangki air guna mengantisipasi kekurangan air wudu," kata Agus Fathuddin Yusuf, Sekertaris Badan Pengelola MAJT, kepada wartawan, Rabu (7/8/2013).

Selain persiapan air, pihak MAJT juga telah berkoordinasi dengan PLN agar menjamin aliran listrik saat acara berlangsung. Sementara untuk menjamin keamanan, Agus mengatakan sudah berkoordinasi dengan pihak Polrestabes Semarang dan Kodim Semarang. "Secara teknis semuanya sudah siap, semoga saat kegiatan berlangsung, dapat berjalan lancar," imbuhnya.

Agus menambahkan, pelaksanaan salat Id di MAJT akan dilaksanakan mulai pukul 06.00 WIB. Bertindak sebagai katib adalah Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jateng KH. Ahmad Darodji. Sementara imam besar MAJT KH Ulil Absor Al-Hafidh bertindak sebagai imam salat.

"Rencananya, Gubernur Jateng Bibit Waluyo juga akan salat di sini, bersama puluhan ribu jamaah lainnya," pungkasnya.

Sementara itu, persiapan kegiatan salat Ied juga terlihat di Masjid Agung Kota Semarang, atau dikenal dengan Masjid Kauman Semarang. Di tempat itu, beberapa persiapan sudah rampung dilakukan. "Persiapan sudah dilakukan, kami serahkan semuanya kepada remaja masjid untuk mengurus persiapan-persiapan itu," ujar Abdul Wahid, Sekertaris Takmir Masjid Agung Kauman Semarang.

Wahid menambahkan, kegiatan salat Id akan dilangsungkan pukul 06.00 WIB. Bertindak sebagai Khotib adalah dr. Mashudi, selaku Direktur Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Sementara Ahmad Naqib Nur al-Hafidh, imam besar Masjid Agung Kauman Semarang didaulat sebagai imam salat.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6659 seconds (0.1#10.140)