Hari ini Tarekat Syattariyah baru rayakan Idul Fitri

Jum'at, 09 Agustus 2013 - 18:07 WIB
Hari ini Tarekat Syattariyah baru rayakan Idul Fitri
Hari ini Tarekat Syattariyah baru rayakan Idul Fitri
A A A
Sindonews.com - Hari kedua Idul Fitri ternyata masih ada yang baru merayakan hari kemenangan ini, seperti jemaah Tarekat Syattariyah di Sumatera Barat (Sumbar).

Mereka baru hari ini melakukan salat Id di Masjid Tajul Arifin, Kapalo Koto, Kecamatan Pauh, Padang, Sumbar.

Guru Syattariyah masjid Tajul Arifin Lukman Hakim Tuanku Kuniang, jemaahnya baru melihat bulan di Ulakan Padangpariaman tadi malam. “Bulan baru nampak tadi malam dan hari ini jatuhnya 1 Syawal tahun Hijriah, artinya baru hari kita merayakan Idul Fitri,” katanya, Jumat (9/8/2013)

Ia mengakui, Syattariyah sering ketinggalan dengan pemerintah satu hari, namun baginya tidak masalah itu. “Kalau ilmu pemerintah adalah ilmu yang dipelajari, beramal dengan ilmu, ilmu adalah guru, sementara ilmu adalah yang diturunkan Rasulullah,” ujarnya.

Untuk di masjid tersebut jamaahnya mencapai 200 orang, sementara untuk Kota Padang sendiri terekat tersebar di Kecamatan Pauh dan Belimbing. Aliran ini berpusan di Ulakan Tapakis, Padangpariaman, Sumatera Barat yang di siarkan Syekh Burhanuddin. “Di Pariaman jemaahnya sangat banyak,” katanya.

Sementara itu sampai hari ini sudah masuk keempat kalinya masyarakat di Kota Padang ini melakukan salat Id, salat Id pertama dilakukan Tarekat Naqsabandiyah Pauh pada 6 Agustus lalu, dan 7 Agustus Terekat Sammaniyah di Koto Tangah shalat, baru 8 Juli umat muslim umumnya melakukan salat dan pada hari ini salat Id 9 Agustus dilakukan Syattariyah.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4185 seconds (0.1#10.140)