KRI Banda Aceh-593 angkut 1.793 pemudik

Selasa, 13 Agustus 2013 - 20:09 WIB
KRI Banda Aceh-593 angkut 1.793 pemudik
KRI Banda Aceh-593 angkut 1.793 pemudik
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 1.793 penumpang dan 728 unit kendaraan bermotor roda dua, bertolak dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, tepat pukul 10.17 Wib, Selasa 13 Agustus 2013 dengan menggunakan KRI Banda Aceh-593 menuju Jakarta.

Pemberangkatan arus balik pemudik dari Semarang dengan menggunakan kapal perang ini, merupakan rangkaian dari program mudik Lebaran gratis yang dilaksanakan pemerintah, yaitu Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan dengan TNI Angkatan Laut.

Sebelumnya KRI Banda Aceh telah mengangkut pemudik dari Jakarta ke Semarang sebanyak dua kali yaitu pada tanggal 4 dan 6 Agustus lalu. Menurut Komandan KRI Banda Aceh Letkol Laut (P) Yana Hardiyana, pada pemberangkatan dari Semarang yang merupakan arus balik ini, tidak jauh berbeda dengan pelayaran sebelumnya dalam hal waktu dan jarak tempuh, maupun kegiatan selama pelayaran.

Hanya saja, lanjut Komandan KRI Banda Aceh, pada arus balik ini pelayaran dilaksanakan tidak dalam suasana menjalani ibadah puasa, sehingga tidak dilaksanakan buka puasa maupun sahur bersama serta shalat tarawih berjemaah.

Namun seluruh penumpang tetap mendapatkan makan gratis dan disiapkan fasilitas ibadah, kesehatan juga hiburan berupa pemutaran film serta fasilitas lainnya.

Pemberangkatan angkutan laut arus balik gratis dengan menggunakan KRI Banda Aceh ini, secara resmi dilepas oleh Wakil Menteri Kementerian Perhubungan RI Bambang Susantono dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang menuju Jakarta yang diperkirakan tiba hari Rabu pagi (14/8/2013) besok.

Sebelum pemberangkatan Wamenhub yang didamping Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Semarang Kolonel Laut (P) Rahymawanto, serta Kepala Administrator Pelabuhan (Adpel) Tanjung Emas Semarang, Kapten Karolus G Sangaji, menyempatkan untuk meninjau langsung kesiapan dari KRI Banda Aceh dan berinteraksi langsung dengan pemudik.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0468 seconds (0.1#10.140)