Ruas Jalan di Garut Selesai Diperbaiki

Kamis, 17 Juli 2014 - 14:11 WIB
Ruas Jalan di Garut Selesai Diperbaiki
Ruas Jalan di Garut Selesai Diperbaiki
A A A
GARUT - Perbaikan sejumlah ruas jalan di dalam wilayah Kabupaten Garut selesai. Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Garut Eded Komara Nugraha mengatakan, upaya perbaikan yang meliputi penambalan dan pengaspalan pada beberapa jalan nonjalur nasional, telah rampung menjelang H-10 Lebaran yang akan jatuh pada Jumat 18 Juli 2014.

"Untuk kesiapan jalur mudik di dalam wilayah Garut, Alhamdulillah sudah selesai. Beberapa ruas jalan siap dilintasi pemudik yang akan masuk ke Garut," kata Eded, Kamis (17/7/2014).

Beberapa ruas jalan menuju kawasan utara Garut yang sudah diselesaikan perbaikannya ini adalah jalur Garut-Wanaraja-Banyuresmi-Leuwigoong-Cibatu-Limbangan. Sementara ruas jalan menuju kawasan selatan Garut yang juga telah selesai diperbaiki adalah Garut-Samarang-Bayongbong-Cikajang. "Jalur By Pass Kubang-Banyuresmi juga sudah siap digunakan pemudik yang akan melintas," ujarnya.

Pengerjaan perbaikan ruas jalan di dalam wilayah Garut ini, setidaknya menggunakan dana triwulan kedua dari total anggaran penambalan jalan selama satu tahun sebesar Rp4,8 miliar. Sementara, anggaran yang disiagakan untuk merawat dan membersihkan bahu jalan sebesar Rp1,8 miliar.

"Anggaran total sebanyak itu belum sepenuhnya terserap semua karena saat ini baru memasuki triwulan kedua. Namun kami memang menggunakan dana dari anggaran itu untuk perbaikan jalur menjelang arus mudik Lebaran," ungkapnya.

Dia menambahkan, terkait kesiapan jalur mudik nasional atau lintas kabupaten dari Bandung menuju Tasikmalaya seperti Limbangan-Malangbong dan Kadungora-Tarogong-Cilawu via Singaparna, hingga kini masih dilakukan beberapa perbaikan di sejumlah titik oleh pihak Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat.

Meski masih ditangani, Eded memastikan kedua jalur tersebut telah layak untuk dipergunakan. "Penanganan jalur itu di luar kewenangan kami. Namun dari pemantauan kami hingga sekarang, penanganannya masih terus dilakukan. Secara garis besar, seluruh ruas jalan di wilayah Garut sudah layak untuk digunakan," pungkasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8414 seconds (0.1#10.140)