Yang Harus Diwaspadai Warga Jelang Lebaran

Kamis, 17 Juli 2014 - 14:18 WIB
Yang Harus Diwaspadai Warga Jelang Lebaran
Yang Harus Diwaspadai Warga Jelang Lebaran
A A A
JAKARTA - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah, Polri akan menggelar Operasi Ketupat 2014. Operasi tersebut difokuskan menjadi tiga tahap, yaitu sebelum, saat pelaksanaan, hingga pasca Lebaran.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Markas Besar (Mabes) Polri, Brigadir Jendral Polisi (Brigjen Pol) Boy Rafli Amar mengatakan, pada tahap pertama, pengamanan difokuskan terhadap pusat-pusat perbelanjaan.

"Pusat-pusat perbelanjaan selalu ramai jelang hari raya. Kami juga akan melakukan pengamanan di pusat perbelanjaan," ujar Boy di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (17/7/2014).

Dia mengimbau masyarakat atau perusahaan yang ingin melakukan penarikan uang dalam jumlah besar agar tidak ragu meminta bantuan pengamanan dari kepolisian.

"Biasanya perusahaan yang akan memberikan THR bagi karyawan akan melakukan penarikan uang di bank dalam jumlah besar. Kami mencium indikasi meningkatnya pencurian uang dengan kekerasan. Maka jangan ragu untuk menghubungi Polsek, Polres, jika khawatir dengan keamanannya. Saya jamin gratis," tutur Boy.

Pada tahap kedua, kata Boy, kepolisian telah menyiapkan personel yang akan memgamankan malam takbiran serta pelaksanaan salat id di tempat-tempat ibadah di seluruh wilayah di Indonesia.

Bagi para pemudik, Boy mengimbau agar lebih berhati-hati saat meninggalkan rumahnya. Warga diminta untuk mewaspadai ancaman kebakaran akibat listrik arus pendek dan ledakan tabung gas.

"Ada sekitar 70% rumah dalam keadaan kosong ditinggal mudik. Sistem pengamanan lingkungan agar dikoordinasi oleh RT/RW setempat. Petugas kepolisian dari polsek akan selalu berpatroli untuk mencegah kejahatan," tuturnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5915 seconds (0.1#10.140)