Pemerintah Tambah 10% Armada Mudik Lebaran di Sumsel

Jum'at, 18 Juli 2014 - 04:42 WIB
Pemerintah Tambah 10% Armada Mudik Lebaran di Sumsel
Pemerintah Tambah 10% Armada Mudik Lebaran di Sumsel
A A A
PALEMBANG - Pemerintah menambah 10% armada angkutan lebaran 2014, baik dari moda angkutan darat, laut dan udara untuk membantu kesiapan arus mudik lebaran di Provinsi Sumsel.

Kadishub Provinsi Sumsel Musni mengatakan, untuk kereta api akan dilakukan penambahan gerbong. Sedang udara, sudah disiapkan sesuai dengan yang ada. Karena moda transportasi udara ini memang armadanya banyak. Kemudian untuk angkutan sungai seperti feri juga tidak ada masalah.

"Kita sudah menyiapkan delapan kapal yang tadinya 1 hari cuma untuk pemberangkatan sekarang disiapkan untuk 24 jam, " kata Musni saat Gelar Pasukan Angkutan Lebaran Tahun 2014 (1435 H) yang dipimpin Gubernur Sumsel H Alex Noerdin di Terminal Alang-Alang Lebar Palembang, Kamis, (17/7/2014).

Untuk puncak arus mudik lebaran, kata dia, pada moda udara diperkirakan H-3. Untuk angkutan darat H-5, sungai atau feri H-3, termasuk kereta api yang juga H-3.

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengajak, kepada seluruh pihak agar menjadikan momen gelar angkutan lebaran tahun 2014 ini untuk melangkah ke depan menjadi tuan rumah Asian Games.

"Kita selesaikan dengan baik angkutan lebaran tahun ini untuk menapak kedepan lebih siap lagi dalam menghadapi Asian Games," ujar Alex di Terminal Alang-Alang Lebar Palembang, Kamis, (17/7/2014).

Belajar dari pengalaman yang lalu, kata Alex, angkutan lebaran baik itu moda darat, laut dan udara masih saja terjadi hambatan walaupun sudah bersama-sama memperbaikinya.

"Untuk itu saya harapkan agar seluruh jajaran baik TNI, Polri, dinas terkait mari belajar dari pengalaman yang lalu kita bertekad agar anggotan lebaran tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya," tutur Alex.

Alex menambahkan, bahwa Palembang, Sumatera Selatan akan menjadi tuan rumah utama penyelenggaraan Asian Games 2019 dan Jakarta menjadi pendamping.

"Kita masih mempunyai waktu 4 tahun kedepan untuk membenahi semua infrastruktur yang ada. Hal ini merupakan tujuan utama kita dalam penyelenggaraan Asian Games yaitu membangun Palembang, membangun Sumatera Selatan. Infrastruktur yang utama adalah sektor perhubungan," tegas Alex.

Oleh karena itu bukan hanya sekedar rutinitas setiap tahun kita mendeklarasikan menyatakan kesiapan angkutan lebaran tetapi jauh dari itu yaitu kita mempersiapkan dan memperbaiki semua moda, semua sektor perhubungan baik darat, laut dan udara untuk kesejahteraan masyarakat.

Ada banyak hal yang akan kita selesaikan seperti monorail, jalan-jalan tol, underpass, flyover, jalur kereta api khusus, jalan khusus, 2 atau 3 Jembatan Musi baru, jalan tol dalam kota, pelebaran bandara, perbaikan stasiun kereta api, perbaikan terminal bus, perbaikan dermaga dan seterusnya. Semua ini tergantung pada Sumber Daya Manusia yang mengelolanya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4682 seconds (0.1#10.140)