Menahan Godaan di Bulan Ramadan

Minggu, 20 Juli 2014 - 12:31 WIB
Menahan Godaan di Bulan Ramadan
Menahan Godaan di Bulan Ramadan
A A A
PUASA bukan sekadar menahan diri dari makan dan minum selama subuh hingga magrib. Banyak sekali godaan yang mampu membuat pahala puasa kita berkurang.

Supaya hal itu tak terjadi, fokus pada tips berikut.

Fokus pada niat saat godaan datang. Berpikirlah tentang niat dan target yang telah kamu canangkan selama bulan puasa ini. Jangan sampai target yang telah kamu buat hancur lebur karena satu kesalahan kecil.

Godaan untuk berkomentar. Berpikir sebelum bertindak Sebelum keluar kata-kata atau tindakan yang bisa mencederai kebersihan puasa kamu, berpikirlah dulu sebelum bertindak. Misalnya, tergoda untuk mencela atau ngegosip, pikir dulu apakah kata-kata itu baik atau tidak.

Godaan saat marah. Banyak berzikir. Zikir bisa menetralisasi perasaan yang sedang terbakar amarah. Tips ini juga bisa dipakai kalau melihat hal-hal yang kurang baik saat sedang berpuasa.

Godaan untuk bermalas-malasan. Padatkan jadwal agar tidak banyak membuang waktu, susun jadwal yang baik selama sehari penuh. Isi hari dengan kegiatan yang bermanfaat, seperti dengar ceramah atau tadarusan. Batasi menonton acara televisi yang enggak bermutu. Ingat, puasa itu menahan godaan bukan menahan produktivitas.

(ita)
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2576 seconds (0.1#10.140)