3 Tips Mudik Aman ala Dirlantas Polda DIY

Senin, 21 Juli 2014 - 11:42 WIB
3 Tips Mudik Aman ala Dirlantas Polda DIY
3 Tips Mudik Aman ala Dirlantas Polda DIY
A A A
YOGYAKARTA - Kepala Direktorat Lalulintas Polda DIY Kombes Pol Nasri Wiharto meminta agar pengendara mobil maupun sepeda motor untuk selalu menaati peraturan lalulintas. Dia memiliki tiga tips aman bagi pemudik yang akan menjalankan perjalanan.

"Ada tiga tips aman bagi pemudik, pertama kondisi kendaraan harus prima," kata Nasri usai Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Progo 2014 (Pam Lebaran) Polda DIY di Alun-Alun Utara Yogyakarta, Senin (21/7/2014).

Sebelum kendaraan dipergunakan mudik, kata dia, sebaiknya dicek dengan baik dengan memasukan ke bengkel. Sehingga, saat keluar bengkel, kondisi kendaran benar-benar baik, dan tidak ada kendala teknis yang bisa mengganggu perjalanan saat mudik.

"Tip kedua, pengemudinya harus sehat. Jangan mengemudi saat kondisi badan tidak sehat, karena itu bisa membahayakan diri sendiri dan pengendara lain," katanya.

Nasri juga meminta agar setiap perjalanan maksimal dua jam, sebaiknya pengemudi untuk istirahat. Tempat-tempat istirahat bisa di tempat-teman yang aman, seperti sekitar pos polisi atau tempat-tempat keramaian.

"Tips ketiga yang tak kalah penting adalah mentaati peraturan Lalulintas. Kalau ada traffik-light menyala merah ya berhenti, jangan menerobos. Itu jelas membahayakan pengemudi lain," bebernya.

Kecerobohan pengemudi atau pengendara bisa berakibat fatal. Nasri juga meminta agar pengemudi maupun pengendara tidak menggunakan sarana komunikasi, seperti handphone saat berkendara.

"Jangan terima telephone saat mengemudi, apalagi membalas SMS saat kendaran, itu sangat berbahaya karena konsentrasi terbelah. Banyak kasus gara-gara membalas SMS, justru mengalami kecelakaan," katanya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4158 seconds (0.1#10.140)