Jumlah Pemudik Sepeda Motor Berkurang

Jum'at, 25 Juli 2014 - 20:42 WIB
Jumlah Pemudik Sepeda Motor Berkurang
Jumlah Pemudik Sepeda Motor Berkurang
A A A
JAKARTA - Jumlah pemudik menggunakan kendaraan motor pada tahun ini mulai berkurang. Pemudik motor tahun ini tidak sepadat seperti musim mudik tahun-tahun sebelumnya.

"Jumlah pengemudi itu berkurang. Tahun lalu itu macetnya kemana-mana, sekarang kan tidak terlalu," kata Ketua Posko Harian Kemenhub Hanggoro Budi Wiryawan di Kementerian Perhubungan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (25/7/2014).

Dia menjelaskan, salah satu menjadi faktor berkurangnya pemudik menggunakan kendaraan pribadi, khususnya sepeda motor, lantaran masyarakat paham bahaya dan risikonya. Pemudik banyak beralih ke angkutan umum seperti bus dan kereta api.

"Kemampuan ekonomi baik, sehingga Lebaran itu terprogram. Ada yang bawa motor, bawa istri dan anaknya itu ada, tapi menurun," tukasnya.

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan pada H-4, pantauan CCTV di posko pusat dari 45 lokasi mulai tanggal 24 Juli 2014 pukul 20.00 WIB sampai tanggal 25 Juli 2014 pukul 08.00 WIB, lalu lintas sebagian besar dalam kondisi padat, baik lintas utara maupun lintas selatan.

Sementara pantauan melalui pesan singkat dan media sosial, pada umumnya lalu lintas padat.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2527 seconds (0.1#10.140)