Banyak Mudik Gratis, Pemudik Sepeda Motor Menurun

Sabtu, 26 Juli 2014 - 14:53 WIB
Banyak Mudik Gratis, Pemudik Sepeda Motor Menurun
Banyak Mudik Gratis, Pemudik Sepeda Motor Menurun
A A A
JAKARTA - Jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor pada libur Hari Raya Idul Fitri 2014 relatif menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Pergubungan Suroyo Alimuso mengatakan, pemudik motor tahun ini tidak sepadat musim mudik tahun-tahun sebelumnya.

Penurunan tersebut karena banyak program layanan mudik gratis yang dilaksanakan intansi pemerintah maupun swasta.

"Angka pemudik dengan sepeda motor tahun ini turun. Hal ini disebabkan banyak intansi baik pemerintah maupun swasta mengadakan program mudik gratis," ujar Suroyo di Kompleks Kementerian Perhubungan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Sabtu (26/7/2014).

Dia mengatakan, kuota layanan mudik gratis oleh Kementerian Perhubungan pada tahun ini mencapai 24.000 pemudik. Jumlah itu jauh meningkat dibandingkan tahun lalu mencapai 6.000 pemudik. "Belum lagi dari intansi lainnya," tandasnya.

Selain program mudik gratis, kata dia, program mobil murah yang digagas sejak tahun lalu oleh pemerintah juga berpengaruh terhadap turunnya jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor.

"Bisa juga pengguna sepda motor itu beralih moda transportasi sejak ada program mobil murah karena harga terjangkau sehingga pemilik sepeda motor beralih ke mobil murah," paparnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4778 seconds (0.1#10.140)