Polisi Prediksi Puncak Arus Balik Jumat

Kamis, 31 Juli 2014 - 15:37 WIB
Polisi Prediksi Puncak Arus Balik Jumat
Polisi Prediksi Puncak Arus Balik Jumat
A A A
BEKASI - Polresta Bekasi Kota memprediksi puncak arus balik pemudik yang menggunakan motor terjadi pada Sabtu 2 Agustus 2014. Arus balik itu akan dirasakan mulai Jumat 1 Agustus hingga Minggu 3 Agustus.

"Prediksi kami pemudik mulai melintasi wilayah Bekasi nanti malam, dan puncaknya akan terjadi pada Jumat dan Sabtu ini," ujar Kasat Lantas Polresta Bekasi Kota Kompol Heri Ompusungo di Bekasi, Kamis (31/7/2014).

Menurutnya, hal itu terlihat daru rutinitas pemudik kerja mereka yang terjadi pada pekan depan. Biasanya, kata dia, berdasarkan pengalaman arus balik pada Lebaran tahun sebelumnya, yakni para pemudik jarak jauh mulai melakukan perjalanan saat memasuki malam hari.

"Bila perjalanan rata-rata delapan jam, maka mereka kebanyakan tiba di Bekasi pada Minggu dini hari," katanya.

Menurutnya, pemudik yang balik menggunakan ratusan ribu kendaraan yang didominasi pemotor Jawa Tengah dan Jawa Timur akan melintasi jalur mudik utama Kota Bekasi yakni Jalan Chairil Anwar-M Hasibuan-KH Noer Alie (Kalimalang) dengan tujuan DKI Jakarta.

Sementara Dinas Perhubungan Kota Bekasi mencatat sejumlah pengendara arus balik mulai memasuki ruas jalan utama Bekasi. Hanya saja, jumlahnya pemudik itu belum terlalu signifikan pada Kamis ini. Namun, ribuan pemudik akan melintasi mulai Jumat hingga Minggu mendatang.

"Puncak arus balik akan terlihat selama tiga hari, mulai Jumat malam," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Sopandi Budiman kepada SINDO.

Hal itu, kata dia, terlihat dari pemudik yang melintasi Jalan Ir H Djuanda-Jalan Jendral Sudirman-Jalan Sultan Agung, dan Jalan Cut Meutia.

Sopandi mengatakan, pihaknya telah memasang rambu perjalanan arus balik dari arah Pantura menuju DKI Jakarta. Sehingga, rambu arus balik yang saat ini terpasang adalah kebalikan dari arus mudik sebelumnya. Semuanya berupa papan petunjuk arah portebel.

Bahkan, lanjut dia, tidak ada rekayasa khusus pada arus balik kali ini, kecuali bila terjadi antrean kendaraan yang cukup parah. Selain itu, petugas Dishub akan tetap siaga agar lalu lintas tetap lancar. Kesiapan lain seperti terminal dengan mengantispasi agar tidak ada mobil bus yang mangkal di dalam terminal.

Bahkan, hari ini beberapa pemudik yang menggunakan motor sudah mulai terlihat melintasi di Bekasi dari arah Pantai Utara (Pantura).
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6317 seconds (0.1#10.140)