Kisah Sufi: Bermula dari Suguhan Teh Kaisar China

Kamis, 23 Februari 2023 - 15:11 WIB
Berbagai macam minuman sering digunakan oleh para bijaksana sebagai alegori untuk pencarian atas pengetahuan yang lebih agung. Kopi, minuman yang belum lama memasyarakat, ditemukan oleh darwis Syeh Abu Al-Hasan Shadhili, di Mocha, Arab.



Meskipun para Sufi kerap menyatakan dengan jelas bahwa 'minuman ajaib' (anggur, air hidup) merupakan analogi dari suatu pengalaman tertentu, para peneliti yang berpikiran harafiah cenderung meyakini bahwa asal muasal mitos tersebut bersumber dari penemuan pengaruh halusinatif dan memabukkan dalam beberapa jenis minuman.

Menurut para darwis, pemikiran semacam itu merupakan cermin ketidakmampuan para peneliti untuk memahami bahwa mereka berbicara mengenai hal yang sama.
(mhy)
Halaman :
Follow
Hadits of The Day
Dari Abdurrahman bin 'Auf radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:  Jika seorang wanita selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), serta bersungguh-sungguh menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina), dan benar-benar taat pada suaminya.  Maka dikatakan pada wanita yang memiliki sifat mulia ini, Masuklah dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka.

(HR. Ahmad 1:191)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More