Besok Malam Nisfu Syaban, Ini Amalan dan Doanya Lengkap Arab Latin

Senin, 06 Maret 2023 - 09:05 WIB
Keutamaan malam Nisfu Syaban di antaranya turunnya rahmat Allah mengampuni seluruh makhluk-Nya kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan. Foto/SINDOnews
Malam Nisfu Syaban memiliki fadhilah (keutamaan) tersendiri. Malam pertengahan Syaban itu merupakan malam berkah karena turunnya ampunan dan rahmat Allah.

Sekadar informasi, malam Nisfu Syaban 1444 Hijriyah jatuh besok malam, Selasa 7 Maret 2023 (malam Rabu). Keutamaan malam Nisfu Syaban ini diterangkan dalam Hadis berikut:

إِنَّ اللَّهَ لَيَطَّلِعُ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ، فَيَغْفِرُ لِجَمِيعِ خَلْقِهِ إِلَّا لِمُشْرِكٍ أَوْ مُشَاحِنٍ

Artinya: "Sesungguhnya Allah memperhatikan hambanya (dengan penuh rahmat) pada malam Nishfu Sya’ban, kemudian Dia akan mengampuni semua makhluk-Nya kecuali orang musyrik dan musyahin (yang menebar kebencian antara sesama umat Islam)." [Diriwayatkan oleh Thabrani dalam Al Kabir No 16639; Daraquthni 68; Ibnu Majah 1380; Ibnu Hibban 5757; Ibnu Abi Syaibah 150; Al-Baihaqi fi Syu'ab Al-Iman 6352; dan Al- Bazzar fi Al-Musnad 2389]

Dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah shollallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Jika datang malam Nisfu Syaban maka dirikanlah ibadah pada malam tersebut dan berpuasalah pada siangnya." (HR Ibnu Majah dan Al-Baihaqi)



Umat Islam dianjurkan menghidupkan malam Nisfu Syaban dengan beribadah dan berdoa kepada Allah. Karena malam itu tidaklah seorang hamba memohon kepada Allah melainkan doanya di kabulkan oleh Allah.

Amalan Malam Nisfu Syaban

Selain menghidupkan sholat sunnah atau qiyamullail, kaum muslim dianjurkan memperbanyak baca Al-Qur'an dan berdoa kepada Allah. Esoknya disunnahkan berpuasa. Berikut amalannya:

1. Membaca Surat Yasin 3 Kali dengan Niat Panjang Umur, Dijauhkan dari Bala dan Dilapangkan Rezeki

Niat Panjang Umur dalam Taat kepada Allah:

الفاتحة و يس بنية طول العمر في طاعة الله وحسن الخاتمة عند الموت


Al-Faatihah wa Yasin Binniyati Thulil 'Umuri Fii Tho'atillahi wa Husnil-Khotimati 'Indal Maut"

Niat Dijauhkan dari Bala dan Suul Khatimah:

الفاتحة و يس بنية دفع البلاء والوباء والأمراض والفتن ما ظهر منها وما بطن وسوء الخاتمة عند الموت


Al-Faatihah wa Yasin binniyati Dafa' Al-Balaa-a wal Wabaa wal-Fitani ma Zhoharo Minha wa maa Bathon wa Suu-il Khatimati 'indal Maut.

Niat untuk Kelapangan Rezeki:

الفاتحة و يس بنية الإستغناء عن الناس وتيسير الرزق حلالا كثيرا طيبا مباركا فى الدنيا والأخرة


Al-Faatihah wa Yasin binniyatil Istighnaa 'anin-Naasi wa tayassair Rizqi Halaalan Katsiron Thoyyiban Mubarokan Fid-Dunya wal Akhirah.

2. Membaca Doa Berikut
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Anas radhiyallahu 'anhu, dia berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam terbiasa membaca doa: YA MUQALLIBAL QULUUB TSABBIT QALBII 'ALAA DIINIKA (Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku berada di atas agamamu). Kemudian aku pun bertanya, Wahai Rasulullah, kami beriman kepadamu dan kepada apa yang anda bawa. Lalu apakah anda masih khawatir kepada kami? Beliau menjawab: Ya, karena sesungguhnya hati manusia berada di antara dua genggaman tangan Allah Subhanahu wa Ta'ala yang Dia bolak-balikkan menurut yang dikehendaki-Nya.

(HR. Tirmidzi No. 2066)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More