Doa Pulang dari Masjid Menurut Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani

Senin, 15 Mei 2023 - 07:06 WIB
Kita patut memohon kepada Allah agar ibadah-ibadah dan kebaikan yang telah dikerjakan diterima oleh-Nya. Foto/Ilustrasi: SINDOnews
Di antara adab ketika kita pulang dari masjid setelah melaksanakan salat wajib berjamaah, atau setelah mengikuti pengajian di masjid, adalah memperbanyak zikir kepada Allah di waktu perjalanan dan juga memohon kepada Allah agar ibadah-ibadah dan kebaikan yang telah dikerjakan diterima oleh-Nya.

Dalam kitab Al-Nujum Al-Zahirah, Habib Zain bin Sumaith menyebutkan bahwa Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani menyampaikan doa pulang dari masjid di antaranya sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ اِنِّي اَعُوْذَ بِوَصْلِكَ مِنْ صَدِّكَ وَاَعُوْذُ بِقَبُوْلِكَ مِنْ رَدِّكَ وَاَعُوْذُ بِقُرْبِكَ مِنْ طَرْدِكَ اَللَّهُمَّ اجْعَلْنَا مِنْ أَهْلِ طَاعَتِكَ وَ وِدِّكِ وَاَهِّلْناَ لِذِكْرِكَ وَ حَمْدِكَ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ


Allahumma innii a’uudzu bika biwashlika min shoddika wa a’uudzu biqobuulika min roddika wa a’uudzu biqurbika min thordika. Allohummaj’alnaa min ahli thoo’atika wa widdika wa ahhilnaa lidzikrika wa hamdika yaa arhamar roohiminn.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan ketersambungan-Mu dari penolakan-Mu, dan aku berlindung dengan penerimaan-Mu dari berpaling-Mu, aku berlindung dengan kedekatan-Mu dari mengusir-Mu. Ya Allah, jadikanlah kami termasuk orang-orang yang taat kepada-Mu dan senang kepada-Mu, dan jadikanlah kami orang-orang yang senantiasa mengingat-Mu dan memuji-Mu, dengan rahmat-Mu, wahai Dzat Yang Maha Paling Pengasih di antara para pengasih.



(mhy)
Follow
cover top ayah
قُلۡ يٰعِبَادِىَ الَّذِيۡنَ اَسۡرَفُوۡا عَلٰٓى اَنۡفُسِهِمۡ لَا تَقۡنَطُوۡا مِنۡ رَّحۡمَةِ اللّٰهِ‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ يَغۡفِرُ الذُّنُوۡبَ جَمِيۡعًا‌ ؕ اِنَّهٗ هُوَ الۡغَفُوۡرُ الرَّحِيۡمُ (٥٣) وَاَنِيۡبُوۡۤا اِلٰى رَبِّكُمۡ وَاَسۡلِمُوۡا لَهٗ مِنۡ قَبۡلِ اَنۡ يَّاۡتِيَكُمُ الۡعَذَابُ ثُمَّ لَا تُنۡصَرُوۡنَ (٥٤) وَاتَّبِعُوۡۤا اَحۡسَنَ مَاۤ اُنۡزِلَ اِلَيۡكُمۡ مِّنۡ رَّبِّكُمۡ مِّنۡ قَبۡلِ اَنۡ يَّاۡتِيَكُمُ الۡعَذَابُ بَغۡتَةً وَّاَنۡتُمۡ لَا تَشۡعُرُوۡنَۙ (٥٥)
Katakanlah, Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang. Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu, kemudian kamu tidak dapat ditolong. Dan ikutilah sebaik-baik apa yang telah diturunkan kepadamu (Al-Qur'an) dari Tuhanmu sebelum datang azab kepadamu secara mendadak, sedang kamu tidak menyadarinya,

(QS. Az-Zumar Ayat 53-55)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More