Doa Masuk dan Keluar Masjid, Dahulukan Kaki Kanan

Rabu, 24 Juni 2020 - 16:26 WIB
loading...
Doa Masuk dan Keluar Masjid, Dahulukan Kaki Kanan
Masjid Nabawi Madinah merupakan tempat suci kedua setelah Masjidil Haram Makkah. Kaum muslimin diperintahkan mendahulukan kaki kanan saat memasuki masjid sembari membaca doa. Foto/Istimewa
A A A
Masjid adalah rumah ibadah bagi kaum muslimin. Masjid artinya tempat bersujud dan sebutan lain masjid adalah mushalla, langgar atau surau. Masjid berasal dari kata "sajada" yang berarti sujud atau tunduk.

Dalam satu hadis disebut bahwa tempat yang paling dicintai (disukai) Allah Ta'ala adalah masjid , dan tempat paling dibenci Allah adalah pasar. Allah Ta'ala berfirman, "Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan salat, menuaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk". (QS. At-Taubah: ayat 18)

Islam mengajarkan adab ketika memasuki masjid . Salah satunya diperintahkan memakai pakaian indah saat memasukinya. "Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid ." (QS. Al-A'raf: 31). ( )

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa berwudhu untuk salat, lalu dia menyempurnakan wudhunya, kemudian berjalan menuju salat fardhu, lalu dia salat bersama manusia (bersama jamaah di masjid), niscaya Allah ampuni dosa-dosanya". (HR. Muslim)

Ketika hendak memasuki masjid kita dianjurkan melangkahkan kaki kanan terlebih dahulu serta membaca doa masuk masjid . Sebaliknya, saat hendak keluar masjid maka disunnahkan mendahulukan kaki kiri sembari mengucap doa keluar masjid. Diriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, beliau mengatakan:

مِنَ السُّنَّةِ إِذَا دَخَلْتَ الْمَسْجِدَ أَنْ تَبْدَأَ بِرِجْلِكَ الْيُمْنَى، وَإِذَا خَرَجْتَ أَنْ تَبْدَأَ بِرِجْلِكَ الْيُسْرَى

"Termasuk sunnah ketika masuk masjid adalah mendahulukan kaki kanan. Dan jika keluar dengan mendahulukan kaki kiri". (HR. Al-Hakim). ( )

Anjura Berdoa Ketika Masuk dan Keluar Masjid
Anjuran membaca doa saat hendak memasuki dan keluar masjid terdapat dalam Hadis Nabi berikut:
"Telah menceritakan kepada kami Ali bin Hujr berkata; telah menceritakan kepada kami Isma'il bin Ibrahim dari Laits dari Abdullah bin Al Hasan dari ibunya Fatimah binti Al Husain dari neneknya Fatimah Al Kubra ia berkata: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Apabila Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam masuk ke dalam masjid ke dalam masjid beliau membaca shalawat dan salam untuk Nabi Muhammad , lalu mengucapkan: "RABBIGHFIRLI DZUNUBI WAFTAHLI ABWAABA RAHMATIK (Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukanlah pintu-pintu rahmat-Mu untukku), dan jika keluar beliau juga membaca shalawat dan salam untuk Muhammad, lalu mengucapkan: "RABBIGHFIRLI DZUNUBI WAFTAHLI ABWAABA RAHMATIK (Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukanlah pintu-pintu rahmat-Mu untukku)." Ali bin Hujr berkata; " Isma'il bin Ibrahim berkata; "Aku bertemu dengan Abdullah bin Al Hasan di Makkah, lalu aku bertanya kepadanya tentang hadits ini. Maka iapun menceritakan hadits tersebut kepadaku, ia berkata; "Jika masuk beliau membaca; "RABBIFTAHLI BAABA RAHMATIK (Ya Allah, bukakanlah pintu rahmat-Mu), dan jika kelur beliau membaca: "RABBIFTAHLI BABA FADHLIK (Ya Allah, bukakanlah pintu karunia-Mu)."

Ia berkata; "Dalam bab ini juga ada riwayat dari Abu Humaid, Abu Usaid dan Abu Hurairah." Abu Isa berkata; "Hadits Fatimah ini derajatnya hasan, akan tetapi sanadnya tidak bersambung, sebab Fatimah binti Al Husain belum pernah bertemu dengan Fatimah Al Kubra. Karena Fatimah (Al Kubra) hanya hidup beberapa bulan saja setelah wafatnya Nabi shallallahu 'alaihi wasallam." (Hadis Jami' At-Tirmidzi No 289)

Doa Masuk Masjid
رَبِّ اغْفِرْ لِي ذُنُوبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

RABBIGHFIRLI DZUNUBI WAFTAHLI ABWAABA RAHMATIK

Artinya:
Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukanlah pintu-pintu rahmat-Mu untukku.

Doa Keluar Masjid
رَبِّ افْتَحْ لِي بَابَ فَضْلِكَ

RABBIFTAHLI BABA FADHLIK

Artinya:
Ya Allah, bukakanlah pintu karunia-Mu.

( )
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3077 seconds (0.1#10.140)