Doa Berangkat ke Masjid Menurut Shihabuddin Al-Suhrawardi

Senin, 15 Mei 2023 - 11:12 WIB
Ketika kita mau keluar dari rumah menuju masjid untuk melaksanakan salat berjemaah, maka kita dianjurkan untuk berjalan dengan tenang. Foto/Ilustrasi: SINDOnews
Ketika kita mau keluar dari rumah menuju masjid untuk melaksanakan salat berjemaah , maka kita dianjurkan untuk berjalan dengan tenang, penuh kekhusyukan dan tidak tergesa-gesa. Selain itu, kita juga dianjurkan mengingat Allah dengan membaca zikir , istighfar, berdoa dan lainnya.

Shihabuddin Al-Suhrawardi dalam kitab ‘Awarif Al-Ma’arif mengajarkan bahwa seseorang ketika menuju masjid untuk salat hendaknya berdoa sebagai berikut:

وَقُلْ رَّبِّ اَدۡخِلۡنِىۡ مُدۡخَلَ صِدۡقٍ وَّ اَخۡرِجۡنِىۡ مُخۡرَجَ صِدۡقٍ وَّاجۡعَلْ لِّىۡ مِنۡ لَّدُنۡكَ سُلۡطٰنًا نَّصِيۡرًا‏


Wa qur robbi adkhilnii mudkhola shidqiw wa akhrijnii mukhroja shidqiw waj’allii min ladunka sulthoonan nashiiroo.

Artinya: Dan katakanlah (Muhammad), ya Tuhanku, masukkan aku ke tempat masuk yang benar dan keluarkan (pula) aku ke tempat keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan yang dapat menolong(ku).



Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(mhy)
cover top ayah
وَلَقَدۡ خَلَقۡنَا السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضَ وَمَا بَيۡنَهُمَا فِىۡ سِتَّةِ اَيَّامٍ‌ۖ وَّمَا مَسَّنَا مِنۡ لُّغُوۡبٍ
Dan sungguh, Kami telah menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dalam enam masa, dan Kami tidak merasa letih sedikit pun.

(QS. Qaf Ayat 38)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More