Doa Keluar dan Masuk Rumah Arab, Latin, dan Terjemahannya

Sabtu, 13 Mei 2023 - 10:31 WIB
loading...
Doa Keluar dan Masuk Rumah Arab, Latin, dan Terjemahannya
Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya untuk mengucapkan bacaan doa saat keluar rumah. Foto/Ilustrasi: Ist
A A A
Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya untuk mengucapkan bacaan doa saat keluar rumah. Sebab, dengan membaca doa keluar rumah, seorang Muslim akan dihindarkan dari godaan setan karena ia mendapat petunjuk, perlindungan, dan kecukupan.

Dalam hadits yang diriwayatkan dari Anas RA, dijelaskan mengenai bacaan doa yang diucapkan Rasulullah SAW saat keluar dari rumahnya. Nabi Muhammad SAW bersabda:

مَنْ قَالَ -يعنِي إِذَا خَرَج مِنْ بيْتِهِ-: بِسْم اللَّهِ توكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، وَلا حوْلَ وَلا قُوةَ إلاَّ بِاللَّهِ، يقالُ لهُ هُديتَ وَكُفِيت ووُقِيتَ، وتنحَّى عَنْهُ الشَّيْطَانُ


"Siapa yang membaca -(doa berikut ini)- jika keluar dari rumahnya, akan dikatakan kepadanya, 'Kamu akan dicukupkan, dijaga, dan diberi petunjuk', dan setan pun akan menyingkir darinya." (HR Abu Daud, An-Nasa'i, At-Tirmidzi).

Adapun bacaan doa keluar rumah sebagaimana yang diucap Nabi Muhammad SAW dalam riwayat Anas RA tersebut, sebagai berikut:

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ


"Bismillahi tawakkaltu 'alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah"

Artinya: "Dengan nama Allah (aku keluar). Aku bertawakal (berserah diri) kepada Allah, tiada daya upaya, melainkan dengan izin Allah."



Sedangkan doa masuk rumah adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلِجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ باسْمِ اللَّهِ وَلجْنا، وباسْمِ اللَّهِ خَرَجْنا، وَعَلى اللَّهِ رَبِّنا تَوَكَّلْنا


Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan tempat masuk dan kebaikan tempat keluar, dengan menyebut nama-Mu kami masuk, dengan menyebut nama-Mu kami keluar, dan hanya kepada Allah, Tuhan kami, kami bertawakkal."

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1450 seconds (0.1#10.140)