Berpisah dengan Sahabat Membaca Surat Al-Asr, Begini Keutamaanya

Selasa, 06 Juni 2023 - 16:30 WIB
Orang yang membaca surat al-Ashr kelak akan dibangkitkan di hari kiamat dengan wajah bercahaya. Foto/Ilustrasi: SINDOnews
Imam At-Thabrani di dalam kitab Al-Mu’jam Al-Ausath telah meriwayatkan satu hadis sebagai berikut:

عَنْ أَبِي مَدِينَةَ الدَّارِمِيِّ رضي الله عنه وَكَانَتْ لَهُ صُحْبَةٌ قَالَ: كَانَ الرَّجُلانِ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم إِذَا الْتَقَيَا لَمْ يَفْتَرِقَا حَتَّى يَقْرَأَ أَحَدُهُمَا عَلَى الآخَرِ: {وَالْعَصْرِ إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ} , ثُمَّ يُسَلِّمَ أَحَدُهُمَا عَلَى الآخَرِ” رواه الطبراني


Dari Abi Madinah Ad-Darimi, ia adalah seorang sahabat, ia berkata, "Ada dua sahabat Rasulullah SAW yang ketika bertemu mereka tidak akan berpisah kecuali salah satu dari mereka membaca kepada yang lainnya surah Al-Asr (Wal Asri innal insana lafii khusrin), kemudian salah satu dari mereka mengucapkan salam kepada yang lainnya." (HR At-Tabrani).



Adapun fadhilah dan khasiat dari Surat Al-'Ashr adalah sebagai berikut:



Pertama, Surat Al-'Ashr termasuk dalam Al-Mufashshal yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai tambahan, sehingga beliau memiliki keutamaan dan keistimewaan dibandingkan dengan nabi-nabi pendahulunya.

Kedua, orang yang membacanya kelak akan dibangkitkan di hari kiamat dengan wajah bercahaya, tertawa dan bergembira hingga masuk surga.

Abi Abdullah berkata, “Barangsiapa yang membaca Surat Al-'Ashr di dalam salat sunahnya, maka Allah akan membangkitkannya di hari kiamat dengan wajah bercahaya, tertawa, dan berbahagia hingga ia masuk surga.” (Tsawabul A’mal: 155)

Ketiga, diriwayat dari Nabi bahwa Rasulullah SAW telah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini, maka Allah mencatatnya sepuluh kebaikan, mengakhiri hidup dengan keadaan baik (khusnul khatimah), termasuk dalam orang-orang yang melakukan kebenaran. Dan jika dibacakan di atas harta yang dikuburkan di bawah tanah, atau disimpan, maka Allah akan menjaganya hingga pemiliknya mengeluarkannya.” (Tafsirul Burhan, Juz 8: 379)



Berikut selengkapnya bunyi surat Al-Asr tersebut:

وَالۡعَصۡرِۙ


Wal' asr

1. Demi masa,

اِنَّ الۡاِنۡسَانَ لَفِىۡ خُسۡرٍۙ


Innal insaana lafii khusr

2. sungguh, manusia berada dalam kerugian,

اِلَّا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَ عَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَتَوَاصَوۡا بِالۡحَقِّ ۙ وَتَوَاصَوۡا بِالصَّبۡرِ


Il lal laziina aamanu wa 'amilus saali haati wa tawa saw bil haqqi wa tawa saw bis sabr

3. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(mhy)
cover top ayah
قُلۡ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌ‌ (١) اَللّٰهُ الصَّمَدُ‌ (٢) لَمۡ يَلِدۡ ۙ وَلَمۡ يُوۡلَدۡ (٣) وَلَمۡ يَكُنۡ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ (٤)
Katakanlah (Muhammad), Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah tempat meminta segala sesuatu. Allah tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia.

(QS. Al-Ikhlas)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More