Silsilah Nasab Sunan Gunung Jati yang Tersambung kepada Rasulullah SAW

Selasa, 06 Juni 2023 - 18:07 WIB
Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah adalah satu dari sembilan wali (Wali Songo) yang nasabnya tersambung kepada Rasulullah SAW. Foto ilustrasi/ist
Sunan Gunung Jati atau Maulana Syarif Hidayatullah adalah satu dari sembilan wali (Wali Songo) yang menyebarkan Islam di Tanah Jawa. Beliau termasuk keluarga Alawiyyin, silsilah nasabnya tersambung kepada Rasulullah SAW.

Sunan Gunung Jati disebut juga Sayyid Al-Kamil dilahirkan Tahun 1448 Masehi dari pasangan Syarif Abdullah Umdatuddin bin Ali Nurul Alam dan Nyai Rara Santang (putri Prabu Siliwangi dari Kerajaan Padjajaran). Cucu Raja Pajajaran ini dikenal sebagai penyebar agama Islam di Jawa Barat.

Untuk diketahui, semua Wali Songo merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW melalui Sayyid Abdul Malik, cucu ke-7 dari Sayyid Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir. Berikut silsilah nasab Sunan Gunung Jati yang tersambung kepada Rasulullah SAW sebagaimana disebutkan dalam Kitab Auliyaus Syirqil Ba'id karya Dr Bassyar Al-Jakfari.

1. Maulana Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati)

2. Imam Abdullah



3. Imam Ali Nurul Alam

4. Imam Jamaluddin Al Husaini

5. Imam Syeh Jalaluddin

6. Imam Abdullah

7. Imam Abdul Malik Azmat Khan

8. Imam Alwi 'Ammul Faqih

9. Imam Muhammad Shahib Mirbath

10. Imam Ali Khali' Qasam

11. Imam Alwi

12. Imam Muhammad

13. Imam Alwi

14. Imam Ubaidillah

15. Imam Ahmad Al-Muhajir

16. Imam Isa Ar Rumi
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Umar bin Al Khaththab, Nabi shallallahu 'alaihi wa salam bersabda:  Maukah kalian aku beritahu pemimpin kalian yang terbaik dan pemimpin kalian yang terburuk?  Pemimpin yang terbaik adalah mereka yang kalian cintai, dan mereka mencintai kalian, kalian mendoakan kebaikan kepada mereka, dan mereka pun mendoakan kebaikan kepada kalian,  Sedangkan pemimpin kalian yang terburuk adalah mereka yang kalian benci, dan merekapun membenci kalian, kalian melaknat mereka, dan mereka pun melaknat kalian.

(HR. Tirmidzi No. 2190)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More