Kemenag Tetapkan 44 Imam Masjid untuk UEA Tahun 2023, Ini Nama-namanya

Rabu, 14 Juni 2023 - 09:33 WIB
Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan 44 nama imam masjid untuk diberangkatkan ke Uni Emirat Arab (UEA). Foto/Ilustrasi/Khaleej Time
JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan 44 nama imam masjid untuk diberangkatkan ke Uni Emirat Arab (UEA). Penetapan ini tertuang dalam Berita Acara nomor B-3/Dt.III.I/HM.01/06/2023 tentang Hasil Seleksi Wawancara Seleksi Calon Imam Masjid untuk Uni Emirat Arab tahun 2023.

Sebelumnya, puluhan imam tersebut telah melewati tiga tahap seleksi, yaitu administrasi, Computer Assisted Test (CAT), wawancara online, dan wawancara bersama tiga syekh dari UEA di Jakarta.



Pada tahun ini, pendaftar pertama yang melalui proses online terdapat 518 calon. Kemudian pada seleksi administrasi terpilih sebanyak 364 peserta, berikutnya tes wawancara online terpilih 115 peserta yang kemudian diuji oleh para syekh.

“Selamat kepada para calon imam masjid yang telah dipilih di tahap wawancara langsung ini. Semua tahapan seleksi yang menjadi tanggung jawab panitia Indonesia telah selesai,” ujar Kasubdit Kemasjidan Akmal Salim Ruhana dikutip dalam laman resmi Kemenag, Rabu (14/6/2023)



Selanjutnya, panitia UEA akan mempersiapkan tahapan pemberangkatan. “Dimohon bagi mereka yang lolos untuk secara proaktif mempersiapkan segala kebutuhan teknis, mulai dari istimarah (formulir resmi dari Dewan Juri UEA), foto, paspor, dan hal-hal lain yang diperlukan,” tutur Akmal.

Kemudian, para imam terpilih harus segera melengkapi dokumen yang diperlukan, yaitu formulir istimarah dari Dewan Juri UEA, pas foto ukuran 4x6 cm dengan latar belakang warna putih, dan fotokopi paspor yang masih berlaku. Untuk proses berikutnya, para imam akan diberi pembekalan dan menunggu informasi lebih lanjut. Hasil dari seleksi ini bersifat final dan tidak bisa diganggu gugat.

“Kami juga akan menggelar pembekalan sebelum keberangkatan. Selain pengenalan lintas budaya, juga penguatan wasathiyatul Islam, yang menjadi keunggulan Islam Indonesia. Hal ini penting karena para aimmah adalah duta Indonesia yang membawa nama baik bangsa sekaligus wajah Indonesia di UEA,” ucapnya.



Berikut nama-nama yang terpilih menjadi imam masjid di Uni Emirat Arab:

1. M Rasad (Kalimantan Selatan)

2. Usman Nurhadi (Jawa Timur)

3. Abdul Muiz (Jawa Barat)

4. Abdul Gofur (Sumatera Selatan)

5. Mohamad Zaenal Abidin (Jawa Barat)

6. Heggy Fajrianto Herman (Jawa Barat)

7. Abdul Hakim Al Farrasi (Jawa Barat)

8. Rudi Irawan (Jawa Barat)

9. Ali Akbar Felayati (Jawa Barat)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Handlalah bin Ali bahwa Mihjan bin Al Adra' telah menceritakan kepadanya, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam masuk ke dalam masjid, lalu beliau mendapati seorang laki-laki membaca tasyahud seusai shalat yang mengucapkan: Allahumma inni as'aluka Ya Allah Al Ahad As Shamad alladzii lam yalid wa lam yuulad walam yakul lahuu kufuwan ahad antaghfira lii dzunuubi innaka antal ghafuurur rakhiim (Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu, Dzat yang Maha Esa, Dzat yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu, tiada beranak dan tidak pula diperanakkan dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia, semoga Engkau mengampuni dosa-dosaku, sesungguhnya Engkau adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.  Maka beliau bersabda: Sungguh dosa-dosanya telah di ampuni, Sungguh dosa-dosanya telah di ampuni, Sungguh dosa-dosanya telah di ampuni.

(HR. Sunan Abu Dawud No. 835)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More